Kominfo dan BSSN akan Evaluasi Keamanan Tokopedia

Kominfo BSSN Tokopedia

Telset.id, Jakarta – Kementerian Komunikasi dan Informatika (Kominfo), Badan Siber dan Sandi Negara (BSSN) dan Tokopedia akan melakukan evaluasi keamanan terkait dugaan kebocoran data pengguna Tokopedia.

Dikatakan oleh Menkominfo Johnny G. Plate pada Senin (04/05/2020) saat ini Kominfo, BSSN dan Tokopedia akan melakukan evaluasi keamanan pasca dugaan kasus kebocoran data pengguna Tokopedia di internet.

“Kominfo, BSSN dan Tokopedia secara serius akan melakukan evaluasi, investigasi, mitigasi teknis dan akan melakukan update perkembangannya,” kata Johnny.

{Baca juga: Menkominfo Johnny: Tokopedia Harus Investigasi Internal}

Berdasarkan konferensi pers secara virtual melalui akun Youtube Kominfo, Johnny menambahkan jika hari ini Kominfo telah memanggil Tokopedia. Menurut pengakuan Tokopedia data keuangan dan akun pengguna aman dan sulit diretas. Namun Johnny menduga jika data lain seperti nama dan nomor telepon pengguna mungkin sebagian telah diretas pengguna.

“Walaupun sebagaian datanya yang terkait dengan nama, terkait dengan nomor telepon, terkait dengan email barangkali sebagiannya bisa saja sudah dimasuki oleh peretas,” tambah Johnny.

Kasus peretasan data menurut Johnny merupakan hal yang bisa menimpa siapa saja. Terdapat banyak kasus mulai dari e-commerce hingga situs pemerintah yang menjadi korban peretasan. Untuk itu sembari melakukan evaluasi dan penyelidikan, Kominfo terus bekerja sama dengan platform e-commerce di Indonesia agar keamanan data mereka bisa terus ditingkatkan.

“Kominfo akan selalu bekerja sama dengan e-commerce sehingga dari waktu ke waktu dalam meningkatkan security system data pribadi pemilik-pemilik akun,” tutur Johnny.

Sebelumnya sebuah akun bermama @underthebreach, yang mengaku sebagai layanan pengawasan dan pencegahan kebocoran data asal Israel mengunggah tangkapan layar soal data Tokopedia yang diretas lewat Twitter.

{Baca juga: Tokopedia Diretas, 15 juta Data Pengguna Bocor}

Dalam tangkapan layar tersebut, yang dibuat dalam bentuk database terpampang berbagai informasi penting. Mulai dari nama akun, alamat email, tanggal lahir, waktu login terakhir, nomor telepon dan sebagainya. [NM/HBS]

1 KOMENTAR

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here