TikTok Resumes Diuji Coba, Melamar Pekerjaan Pakai Video Singkat

Telset.id, Jakarta – Bukan cuma menjadi wadah untuk mengembangkan kreativitas saja, TikTok juga ke depannya dapat dimanfaatkan untuk mencari perkejaan. Baru-baru ini, aplikasi untuk kreator konten itu meluncurkan situs TikTok Resumes untuk para pencari kerja.

TikTok Resumes sebenarnya sudah dikembangkan sejak Mei 2021 lalu. Namun, masa uji coba situs ini mulai diperluas di mana perusahaan-perusahaan sudah bisa menerima resume lewat TikTok.

Kabarnya sudah ada lebih dari 30 perusahaan yang bisa menerima lamaran pekerjaan lewat TikTok Resumes. Adapun periode lamaran yang gelar puluhan perusahaan tersebut mulai dari tanggal 7 Juli hingga 31 Juli 2021.

{Baca juga: Durasi Video TikTok Lebih Panjang, Kini Sampai 3 Menit}

Cara Melamar Kerja Lewat TikTok Resumes

Seperti biasanya, lamaran pekerjaan yang diunggah di platform TikTok ini menuntut kreativitas dari para pencari pekerjaan. Tapi bedanya, bukan berbentuk tulisan. Lamaran pekerjaan justru berbentuk video agar dilirik perusahaan. Berikut caranya:

  • Pengguna bisa membuka situs resmi untuk mencari perusahaan dan lowongan yang dibuka dengan memilih menu Search job openings di bagian tengah situs.

Melamar kerja TikTok Resumes
Lamar pekerjaan lewat tiktokresumes.com

  • Jika sudah menemukan lowongan yang cocok, silakan Anda membuat resume video dan mempostingnya ke akun TikTok Anda. Disarankan untuk tidak menyertakan informasi pribadi seperti alamat email di dalam video lamaran.
  • Langkah selanjutnya, Anda bisa kembali ke situs tepatnya di laman lowongan kerja yang diinginkan.

Melamar kerja TikTok Resumes
Pilih lamaran kerja yang diinginkan

  • Lalu klik menu Submit Your TikTok Resume dan isi biodata seperti nama, alamat email, link video TikTok, serta link akun LinkedIn Anda. Jika semuanya terisi silakan kamu klik Submit untuk mengirim lamaran ke perusahaan.

Melamar kerja TikTok Resumes
Submit data dan link TikTok ke perusahaan

Perusahaan yang Buka Lowongan di TikTok 

Melamar kerja TikTok Resumes

Terdapat beberapa perusahaan yang membuka lowongan di TikTok Resumes. Misalnya saja perusahaan Alo Yoga yang mencari kandidat Social Media Manager. Tugasnya untuk mengembangkan strategi bisnis lewat sosial media dan bekerja sama dengan influencer.

Lalu ada juga Detroit Pistons dan Allrecipes yang mencari mencari karyawan baru untuk mengisi produser video atau host lewat konten yang sama. Terakhir, ada  lowongan untuk menjadi superstar di acara gulat World Wrestling Entertainment (WWE).

{Baca juga: Rekomendasi 10 Aplikasi Edit Video Terbaik di Android, Bisa Tiktokan!}

Kehadiran tplatform pencari kerja ini merupakan salah satu inovasi yang menarik. Mungkin ke depannya resume lamaran lewat tulisan sudah tidak berlaku, tetapi harus melalui video dan diunggah ke internet. (NM/MF)

Related Articles

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

- Advertisement -

Latest Articles

- Advertisement -

Your compare list

Compare
REMOVE ALL
COMPARE
0