Telset.id, Jakarta – TikTok melakukan update aplikasi yang cukup signifikan, karena TikTok mememasukkan iklan ke dalam hasil pencarian. Perubahan ini akan memberi pengguna konten iklan selama penelusuran mereka.
TikTok telah meyakinkan pengguna bahwa iklan ini akan relevan dengan permintaan pencarian pengguna, dan mereka akan secara eksplisit ditandai sebagai posting yang disponsori.
Pemilihan iklan juga kemungkinan akan dipengaruhi oleh pencarian dan aktivitas pengguna sebelumnya di TikTok, yang berarti konten iklan dapat menjadi lebih bertarget dan spesifik untuk preferensi individu.
Dikutip Telset dari Gizmochina pada Rabu (23/08/2023), pengalaman pengguna tidak terganggu bahkan ketika mengklik posting yang disponsori, karena TikTok bermaksud untuk memberikan pengalaman yang maksimal selama pencarian.
BACA JUGA:
- Sambut Hari Kemerdekaan Indonesia, TikTok Bikin Kampanye Serunya17an
- Saingi Instagram Stories, TikTok Punya Fitur Postingan Teks
Sementara beberapa pengguna mungkin melihat ini sebagai ketidaknyamanan, tetapi mengintegrasikan iklan di pencarian bertujuan untuk memperkuat penemuan brand dan dapat bentuk keterlibatan baru dengan iklan di media sosial. Sekaligus menambah pendapatan atau cuan TikTok dari iklan.
Perlu diketahui integrasi ini tidak opsional untuk pengiklan, karena iklan secara otomatis diaktifkan untuk penjual yang ada. Namun mereka harus aktif membuat konten yang menarik, agar bisa dilirik oleh pengguna.
Harus diakui kalau integrasi iklan ke dalam fungsi pencarian mungkin tidak disambut oleh semua pengguna. Namun ini merupakan indikasi perkembangan yang tak terhindarkan dalam monetisasi platform media sosial.
Apalagi pesaing TikTok, yakni Instagram sudah terlebih dahulu menerapkan kebijakan serupa sejak awal tahun 2023 ini. Dalam konteks yang lebih luas, langkah ini dapat mengubah harapan dan interaksi pengguna dengan iklan media sosial.
BACA JUGA:
- TikTok Cari Talenta Baru di Industri Musik Lewat “Gimme The Mic”
- Kini Fitur Family Pairing di TikTok Punya Alat Penyaringan Konten
Sementara era bilah pencarian bebas iklan di TikTok telah berakhir, arah baru platform dapat menandai fase baru dalam hubungan antara pengguna, merek, dan cara mereka terhubung. Semoga saja pengguna tidak terganggu atas kehadiran iklan di menu Pencarian aplikasi video pendek tersebut.