Telset.id, Jakarta – TikTok memperkenalkan alat profil khusus untuk musisi dan artis, dengan berbagai dukungan fitur yang memudahka ditemukannya akun sehingga bisa mendongkrak popularitas mereka.
Dikutip Telset dari Engadget pada Jumat (01/12/2023), alat profil TikTok ini tidak hanya diperuntukkan bagi musisi dan artis yang sedang naik daun dan mapan. Mereka dapat menambahkan tag artis ke profil mereka, memberikan musik mereka di tab tersendiri berada samping video, memberikan like dan memposting ulang konten.
Agar memenuhi syarat untuk mendapatkan tag artis, TikTok mengatakan Anda memerlukan setidaknya empat suara atau lagu yang diunggah ke aplikasi. Artis juga dapat menyematkan salah satu lagunya agar muncul pertama kali di tab musik.
Jika seorang musisi merilis konten baru, aplikasi akan menandai lagu sebagai lagu baru hingga 14 hari sebelum dan hingga 30 hari setelah lagu tersebut ditayangkan. Setiap lagu baru akan secara otomatis ditambahkan ke tab musik profil.
BACA JUGA:
- Mau Saingi Instagram, TikTok Buka Lowongan Kerja Pengembang Fitur Sosial
- Demi Tambah Cuan, TikTok Masukkan Iklan di Pencarian
TikTok mengklaim kalau lebih dari 70 ribu seniman sudah menggunakan alat baru ini. Harus diakui kalau TikTok telah terbukti menjadi tempat berkembang biaknya konten-konten yang menjadi viral bagi artis-artis baru dan pembuat musik mapan sama berkat kecepatan kilat tren video tari dan gaya hidup.
Dampak TikTok terhadap industri musik begitu besar sehingga bahkan para streamer pun menyukainya Spotify telah melihatnya untuk bereksperimen dengan feed penemuan musik yang mengutamakan video.
Sebelumnya TikTok mengumumkan layanan API baru yang memungkinkan pengguna memposting konten video langsung ke platform dari aplikasi pihak ketiga yang disetujui oleh TikTok.
BACA JUGA:
- Pengguna TikTok Bisa Posting Video dari Aplikasi Pihak Ketiga
- TikTok Shop Indonesia akan Ditutup Tanggal 4 Oktober 2023
Layanan bernama Direct Post API ini perpanjangan dari fitur Share to TikTok, dan TikTok mengatakan kalau kemudahan memposting video dari aplikasi pihak ketiga bertujuan untuk meningkatkan sumber daya dan alat. Sehingga pengguna dengan mudah menavigasi setiap tahap proses pembuatan baik di dalam maupun di luar platform.
Integrasi TikTok Direct Post akan memungkinkan pembuat konten membuat draf, mengatur teks atau pengaturan audiens, dan menjadwalkan atau memposting konten langsung dari aplikasi pihak ketiga yang didukung.