Teknologi Nvidia Ini Bikin Photoshop Terlihat Jadul

Nvidia Image Inpainting

Telset.id, Jakarta – Nvidia baru-baru ini berhasil menciptakan teknologi berbasis Artificial Intelligence (AI) bernama “Image Inpainting”. Teknologi tersebut dapat merekonstruksi gambar yang rusak atau gambar yang separuhnya telah terhapus menjadi sebuah gambar yang utuh.

Kemampuan Nvidia Image Inpainting tak terlepas dari algoritma yang telah dilatih menggunakan 55.116 kombinasi foto asli yang telah dirusak sebelumnya. Lewat pembelajaran itu, AI mampu belajar bagaimana merekonstruksi piksel yang hilang pada gambar.

Untuk mengukur kemampuan AI Image Inpainting, produsen prosesor grafis itu mencoba memberikan 25.000 gambar yang telah dirusak untuk dapat diperbaiki. Yang mengejutkan, Nvidia Image Inpainting sukses memberikan hasil yang cukup realistis karena mampu merekonstruksi bagian atau piksel yang hilang pada gambar secara otomatis.

“Model kami dapat menangani lubang (kerusakan pada gambar) dari berbagai bentuk, lokasi atau jarak dari tepi gambar,” kata Nvidia, seperti dikutip dari Tech Viral, Senin (01/05/2018).

Baca Juga: Nvidia Ogah Ikut Bisnis Penambangan Kripto

Nvidia Image Inpainting

“Pendekatan sebelumnya fokus pada wilayah persegi panjang yang terletak di dekat pusat gambar, dan sering bergantung pada post-processing yang membutuhkan banyak sumber daya,” jelas perusahaan tersebut.

Selain dapat memperbaiki gambar yang rusak, Image Inpainting juga memungkinkan penggunanya untuk menghapus konten atau objek yang tidak diinginkan pada gambar. Caranya, pengguna hanya harus menghapus objek yang tak diinginkan, dan otomatis AI akan memperbaiki gambarnya secara detil.

Oleh karenanya, teknologi yang dikembangkan menggunakan kartu grafis Nvidia Tesla V100 ini mampu diimplementasikan ke  berbagai software editing foto seperti Photoshop dan lainnya.

Baca Juga: NVIDIA akan Bangun Kota Pintar Metropolis di Tiongkok

Seperti diketahui sebelumnya, perlu teknik yang rumit untuk menghapus objek yang tak diinginkan pada gambar menggunakan Photoshop. Jikapun berhasil dilakukan, hasilnya akan kurang sempurna dibandingkan sebelumnya. (FHP)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here