Facebook Kini Bisa Bedakan Hoax dan Berita Valid

Facebook Cambridge Analytica

Telset.id, Jakarta – Facebook kini punya cara baru untuk membedakan mana berita palsu, dan mana berita valid. Facebook akan menampilkan berita hoax dengan ukuran lebih kecil di News Feed.

Sedangkan untuk berita valid, Facebook menampilkannya dengan ukuran lebih besar dan tampak mencolok di News Feed. Dalam memilah berita palsu dan berita valid, Facebook melibatkan korektor fakta pihak ketiga.

“Kami mengecek semua berita yang masuk secara faktual,” kata jurubicara Facebook, mengutip The Verge.

Menurut tangkapan layar yang dibagikan oleh TechCrunch, konten yang tidak akurat muncul di News Feed dengan judul dan gambar satu baris berukuran kecil, berbeda dengan konten terverifikasi.

Facebook menyatakan, strategi baru itu hadir untuk memerangi informasi menyesatkan dan bakal diperkenalkan pada konferensi @Scale di San Francisco, Amerika serikat.

Berita Terkait: Facebook akan Tambahkan Kontrol Privasi 

Dalam waktu dekat, Facebook juga berencana menggunakan teknologi kecerdasan buatan atau Artificial Intelligence untuk mengkurasi artikel yang berseliweran di News Feed.

“Kami akan memprioritaskan artikel dengan metode pemeriksaan fakta menggunakan skor yang dihasilkan melalui pembelajaran mesin,” tambah sang jurubicara Facebook.

Sumber: The Verge

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here