Setelah Facebook, Twitter Juga Latah ‘Jiplak’ Snapchat?

Agnez Mo Viral

Telset.id, Jakarta – Facebook dan Instagram diketahui sering ‘menjiplak’ beberapa fitur di Snapchat. Ironisnya, fitur hasil jiplakan ini justru lebih populer ketimbang fitur aslinya. Melihat “kesuksesan” Facebook dan Instagram itu, Twitter kabarnya latah ingin ikut menjiplak fitur di Snapchat.

Fitur hasil ‘jiplakan’ yang ada di Twitter ini adalah fitur berbagi video yang memang mirip dengan yang ada di Snapchat. Beberapa pengguna yang telah melihat demo fitur ini mengatakan bahwa fitur tersebut akan berpusat kepada kamera pengguna.

Mengutip dari laman Bloomerg, tujuan dari fitur baru ini adalah untuk memancing pengguna untuk berbagi klip video tentang apa yang tengah terjadi di sekitar mereka.

Nampaknya hal ini adalah upaya yang dilakukan oleh CEO Twitter Jack Doersey untuk menarik pengguna baru masuk ke dalam platform mereka. Namun kini, Twitter lebih mengincar para pengguna media sosial remaja, ketimbang yang sudah dewasa.

[Baca juga: Twitter Baca Isi “DM” Penggunanya?]

Pihak Twitter pun mengatakan bahwa fitur ini nantinya akan mempermudah para pengguna untuk membagikan video mereka. Pengguna hanya harus membuka aplikasi Twitter, klik menu Compose, cari tombol kamera, ambil video atau gambar, dan klik tombol Tweet.

Sekedar informasi, dalam beberapa tahun belakangan, Twitter memang tengah mengalami stagnan dari sisi jumlah pengguna. Twitter sebenarnya bukan tak menyadari kalau mereka sedang mengalami kesulitan dalam beberapa tahun terakhir.

Beberapa upaya telah pernah dilakukan, seperti perubahan di timeline Twitter, notifikasi, tab Jelajah, dan antarmuka yang membuat platform lebih mudah digunakan. Namun hasilnya masih belum sesuai harapan.

Kemungkinan fitur baru ‘hasil jiplakan’ dari Snapchat ini diharapkan bisa mendongkrak performa mereka di tahun 2018. Apakah Twitter juga akan sesukses Facebook dan Instagram dalam urusan jiplak-menjiplak? Kita lihat saja nanti hasilnya. [NC/HBS]

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here