Spotify Hentikan Layanan Upload Langsung untuk Artis

Telset.id, Jakarta – Setelah kurang dari setahun, Spotify akhirnya memutuskan menutup program beta yang memungkinkan artis independen mengunggah lagu mereka langsung ke raksasa streaming musik ini. Versi Beta dari Spotify upload tool akan dihentikan per 30 Juli 2019.

Kini para musisi harus melakukan seperti yang sebelumnya mereka lakukan, yakni bekerja dengan distributor yang telah disetujui untuk bisa mengunggah lagu ke Spotify, jika mereka tidak memiliki label.

Ide awal program beta yang diluncurkan September lalu ini adalah untuk menyediakan cara yang lebih sederhana bagi artis yang tidak berlabel agar bisa mengunggah musik mereka di layanan dan mendapatkan bayaran.

{Baca juga: Pendengar Podcast Spotify Kini jadi Target Iklan}

Namun, perusahaan tampaknya mengalami kendala dalam pemantauan hak yang terkait dengan distribusi musik, dan membuat semuanya lebih sulit tidak sebanding nilainya. Sementara, pada saat yang sama, streaming musik ini juga ingin mendukung mitra distributornya.

Spotify mengatakan, ada ratusan artis yang telah menggunakan uji beta unggahan langsung atau direct-upload beta test, tetapi tidak dapat menyebut jumlah angka secara spesifik. Seorang perwakilan mengatakan jumlah pengguna program itu sengaja disimpan selama periode beta ditutup.

“Cara yang paling berdampak, kami dapat meningkatkan pengalaman memberikan musik ke Spotify untuk sebanyak mungkin artis dan label adalah dengan bersandar pada pekerjaan hebat yang sudah dilakukan mitra distribusi kami untuk melayani komunitas artis,” tulis Spotify dalam blognya Senin (1/7/2019) lalu.

Ke depan, artis indie harus mendaftar ke perusahaan distributor yang telah disetujui, yang menyediakan akses langsung ke Spotify toll untuk artis, menangani perizinan dan distribusi serta membayar royalti streaming. Distributor Spotify di antaranya DistroKid, CD Baby dan EmuBands.

Tahun lalu, perusahaan asal Amerika Serikat ini mengklaim telah meningkatkan pekerjaan mereka dengan mitra distribusi untuk memastikan kualitas metadata, melindungi artis dari pelanggaran, memberi pengguna akses cepat ke Spotify for Artist, dan banyak lagi.

{Baca juga: Spotify Bakal Bisa Dengarkan Musik Berbarengan}

Menurut perusahaan, Spotify for artist tool telah digunakan lebih dari 300.000 music creator untuk menempatkan musik mereka di Spotify. Sedangkan, Spotify playlist submission tool telah digunakan lebih dari 36.000 artis untuk mendaftarkan musik mereka ke dalam playlisted untuk pertama kalinya sejak diluncurkan setahun lalu.

Pihak perusahaan mengatakan akan mengirimkan artis yang telah merilis musik melalui beta direct-upload programme discount codes langsung dari distributor pilihan. [BA/HBS]

Sumber: The Star

Related Articles

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

- Advertisement -

Latest Articles

- Advertisement -

Your compare list

Compare
REMOVE ALL
COMPARE
0