Sambut Bulan Puasa, Instagram Rilis Filter dan Stiker Ramadhan

Stiker Ramadhan

Telset.id, Jakarta – Dalam rangka menyambut bulan suci Ramadhan dan Idul Fitri, Instagram meluncurkan filter dan stiker Ramadhan untuk Instagram Stories bagi pengguna di seluruh dunia. Filter Ramadhan yang diberi nama “Lantern” ini bisa ditemukan di pilihan filter Stories mulai tanggal 5 Mei hingga 5 Juni 2019.

Nantinya, Lantern akan menampilkan ornamen bulan sabit cukup transparan. Selain itu, terdapat pilihan desain yang bisa digunakan, dengan mengetuk bagian stiker atau tengah layar.

Instagram juga tampaknya melihat kebiasaan masyarakat Indonesia yang sering membagikan momen seperti sahur, ngabuburit, berbuka puasa, hingga membagikan kartu Hari Raya Lebaran beserta ucapan “Mohon Maaf Lahir Batin”.

Sebab, media sosial itu berkolaborasi dengan 5 kreator Indonesia untuk menciptakan stiker GIF berisikan pesan singkat yang kerap dibagikan pada momen-momen penting di bulan ini.

{Baca juga: Instagram Luncurkan Stiker Pemilu 2019, Sudah Nyoba?}

 

Kelima kreator ini adalah thepopo, byputy, Dinda Puspitasari, Irfan Nugroho atau dikenal dengan nama bulletos dan Haikal. Adapun untuk menemukan stiker-stiker GIF bertema Ramadan, pengguna tinggal mengetik “Ramadhan Instagram” pada kolom pencarian GIF di Instagram Stories.

Communication Manager Instagram Asia-Pacific, Putri Silalahi mengatakan bahwa Ramadan adalah momen spesial yang mendorong interaksi tinggi di antara para pengguna Instagram di Indonesia.

“Kami melihat penggunaan hastag #ramadhan dan #bukber melonjak tinggi di Indonesia tahun lalu, maka kami ingin membuat interaksi tersebut menjadi lebih mudah dan menyenangkan lagi di tahun ini lewat filter dan GIF khusus di Instagram Stories,” tutur Putri.

{Baca juga: WhatsApp, Instagram, Facebook Kompak Down (Lagi)}

Putri juga mengatakan bahwa di tahun 2018, terjadi 28% peningkatan volume penggunaan Instagram Stories di bulan Ramadan dibandingkan bulan-bulan sebelumnya. Data Instagram juga merekam bahwa ada 5 hastag terkait Ramadan yang paling dicari oleh pengguna di Indonesia yaitu #bukber, #bajukoko, #gamissyari, #bajulebaran dan #ramadhan. (NM/FHP)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here