Peneliti Siapkan Keamanan WiFi Terbaru WPA3

Telset.id, Jakarta – Pada akhir 2017 lalu, para peretas dikabarkan telah mampu membobol keamanan terkuat yang di WiFi, yakni WPA2. Tentu saja, hal ini membuat penggunaan WiFi di tempat publik menjadi rentan disusupi penjahat dunia maya.

Namun ada kabar baik dari para peneliti di Aliansi WiFi yang mengatakan telah menemukan sistem keamanan baru, yang akan menggantikan sistem keamanan WPA2. Pihak Aliansi WiFi mengatakan bahwa nama dari sistem keamanan baru ini adalah WPA3.

[Baca juga: Duh! Protokol Keamanan Terkuat WiFi Bisa Dibobol]

Mengutip dari laman Engadget, para peneliti mengatakan bahwa WPA3 ini akan menambal beberapa titik lemah dari WPA2. Kebanyakan, celah keamanan tersebut ada di enkripsi data individual para pengguna jaringan.

Selain itu, sistem keamanan ini juga akan akan lebih melindungi para pengguna yang memiliki password yang kurang baik. Di tambah lagi, WPA3 juga memiliki sistem verifikasi yang lebih mudah untuk peralatan dengan layar kecil atau bahkan tanpa layar, seperti perangkat wearable dan lainnya.

Di sisi keamanan untuk perusahaan atau pemerintahan pun turut ditingkatkan. Kini, WPA3 akan menggunakan sistem keamanan lapis 192 bit.

[Baca juga: SociaBuzz Tawarkan Marketplace Khusus Jasa Fotografi]

Rencananya WPA3 sendiri akan diluncurkan pada 2018 ini. Namun pihak Asosiasi WiFi mengatakan mungkin saja ketersediaan sistem keamanan ini akan sedikit terlambat, karena mereka masih harus melakukan pengetesan dan lainnya. [NC/HBS]

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here