Awas Penipuan! Begini Cara Mencegah Pencurian Saldo Gopay

Mencegah pencurian saldo gopay

Telset.id – Masyarakat telah begitu dimanjakan dengan metode pembayaran cashless, seperti menggunakan Gopay misalnya. Meski demikian, ini tidak menjamin Anda dapat terhindar dari penipuan. Untuk itu kami akan membagikan tips mencegah pencurian saldo Gopay yang mungkin perlu Anda perhatikan.

Seiring dengan kemajuan teknologi, turut diikuti dengan modus penipuan yang juga lebih canggih. Para penipu berupaya untuk mengakali sistem keamanan yang sudah dibuat aman sedemikian rupa.

{Baca juga: Beli Aplikasi di Play Store Pakai GoPay? Begini Caranya}

Salah satuny caranya adalah dengan menguras saldo Gopay seseorang hanya berbekal nomor ponsel. Maka dari itu Anda perlu ekstra waspada agar masalah ini tidak menimpa Anda.

Berikut ini adalah cara mencegah pencurian saldo Gopay yang penting untuk Anda ketahui.

Jangan Bagikan Kode Verifikasi

Kode OTP atau One Time Password menjadi sistem keamanan yang kerap digunakan beragam platform, tak terkecuali dengan Gopay. Kode sekali pakai ini biasanya digunakan saat pengguna akan login atau melakukan transaksi.

Kode OTP ini biasanya akan dikirimkan ke nomor ponsel yang didaftarkan ke Gopay. Nah, kode ini bersifat rahasia dan jangan sampai Anda berikan kepada orang lain.

Apalagi memberikannya kepada oknum yang mungkin mengaku berasal dari perusahaan Gojek, yang notabene merupakan penyedia layanan Gopay. Mesti digarisbawahi bahwa pihak Gojek tidak akan pernah meminta kode OTP pada penggunanya.

Gunakan PIN Gopay

Gopay merupakan aplikasi penting yang menyimpan saldo uang Anda. Jadi tidak bijak rasanya jika Anda membiarkan aplikasi tersebut dapat dengan mudah diakses orang lain tanpa password.

Dengan menggunakan PIN pada Gopay menghindari akun Anda dari tangan-tangan jahil yang tidak berkepentingan. Tentunya penggunaan PIN ini juga bisa diperkuat dengan adanya password untuk mengunci layar.

Jangan Sambungkan Akun Bank ke Gopay

Gopay menyediakan fitur untuk menghubungkan akun perbankan seperti kartu debit atau kredit yang Anda gunakan ke akun Gopay. Fitur ini memudahkan Anda saat ingin top up saldo Gopay tanpa ribet.

Dibalik kemudahan yang ditawarkan, fitur ini juga menyimpan potensi bahaya. Jika terjadi hal yang tidak diinginkan seperti akun terkena hack, pelaku tidak hanya bisa menyedot saldo Gopay Anda, tapi juga semua saldo yang ada di rekening yang tersambung tersebut.

{Baca Juga: Tips Cerdas Berburu Diskon di Toko Online Jelang Lebaran}

Maka sebaiknya Anda tidak perlu menyambungkan akun perbankan ke Gopag Anda. Ini merupakan langkah preventif jika terjadi hal yang tidak diinginkan dan juga sebagai langkah mencegah pencurian saldo Gopay.

Waspada dengan Informasi Palsu 

Waspada dengan beragam pesan, promo, atau informasi mencurigakan yang mengatasnamakan Gojek. Jangan mudah percaya dan selalu cari tahu kebenarannya terlebih dahulu.

Beragam modus dilakukan penipu untuk mengambil keuntungan dari korbannya. Tidak cepat percaya menjadi cara yang tepat untuk mencegah pencurian saldo Gopay.

{Baca Juga: 5 Aplikasi Dompet Digital yang Banyak Diskonnya!}

Terlebih saat oknum tersebut menggunakan banyak dalih meminta kode OTP yang dikirimkan ke ponsel Anda. Sudah dapat dipastikan bahwa hal tersebut merupakan penipuan.

Gojek atau Gopay hanya berkomunikasi dengan penggunanya melalui sosial media dengan nama GO-JEK Indonesia, website resmi www.go-pay.co.id, email resmi cs@go-pay.co.id, serta nomor telepon customer service 1500304.

Manfaatkan Halaman Bantuan

Jika Anda mengalami masalah terkait aplikasi, layanan, dan juga transaksi ketika menggunakan Gopay, tersedia halaman bantuan yang bisa Anda manfaatkan. Sampaikan keluhan Anda ke laman tersebut.

Halaman Bantuan ini tersedia di dalam aplikasi Gojek. Anda dapat dengan mudah menyampaikan aduan Anda saat mengalami masalah dengan layanan Gojek atau Gopay.

{Baca juga: 7 Smartphone Dual Kamera Rp 1 jutaan Terbaik Buat Lebaran}

Demikian cara mencegah pencurian saldo Gopay yang bisa mulai Anda terapkan. Semoga bermanfaat dan bisa menghindari kita dari hal-hal yang tidak diinginkan. (HR/HBS)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here