Pasca Tragedi Las Vegas, Facebook Aktifkan “Safety Check”

Telset.id, Jakarta – Pada hari Minggu malam (1/10), akan tercatat menjadi malam yang kelam bagi warga Amerika. Bagaimana tidak, ketika ribuan orang sedang asyik menyaksikan penampilan penyanyi country, Jason Aldean, seorang pria bernama Stephen Paddock secara membabi buta melepas tembakkan ke arah penonton.

Tragedi tersebut setidaknya menewaskan 58 orang dan menyebabkan 515 orang lainnya mengalami cedera. Kejadian yang tak terduga tersebut tentu tak hanya membuat para penonton panik, tapi juga membuat para keluarga khawatir apakah orang-orang terdekat mereka turut menjadi korban atau tidak.

Karenanya, salah satu media sosial yang paling digemari oleh masyarakat dunia yakni Facebook pun mengaktifkan fitur Safety Check yang memungkinkan para pengguna yang ada di area kejadian agar bisa memberitahu keluarga mereka bahwa mereka telah aman atau selamat.

 

Fitur yang pertama kali diperkenalkan di tahun 2014 ini merupakan bagian dari Crisis Response Hub dari Facebook. Selain bisa memberitahu kepada orang-orang terdekat bagaimana keadaan pengguna yang mengalami bencana, juga dapat dimanfaatkan sebagai sarana untuk menemukan atau menawarkan bantuan ketika bencana terjadi.

Berbagai bencana telah dibantu oleh fitur tersebut. Misalnya saja saat terjadi gempa di Meksiko beberapa waktu lalu, dan juga penembakkan di sebuah klub malam di wilayah Orlando, Amerika Serikat. (FHP/HBS)

1 KOMENTAR

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini

RELATED ARTICLES

Latest Articles

- Advertisement -

Your compare list

Compare
REMOVE ALL
COMPARE
0