Obrolan Grup Google Messages Bakal Punya Fitur Enkripsi End-to-End

Telset.id, Jakarta – Menyambut ulang tahun ke-30 layanan Pesan Singkat atau yang dikenal sebagai SMS, Google mengumumkan bahwa aplikasi Messages akan mendukung enkripsi end-to-end untuk obrolan atau chat Grup Google Messages.

Fitur enkripsi end-to-end untuk Grup Google Messages ini akan dirilis beberapa minggu mendatang. Fitur ini telah tersedia untuk chat percakapan per orang sejak beberapa tahun.

Tapi, untuk saat ini enkripsi end-to-end untuk obrolan grup hanya berlaku untuk pengguna Messages yang terdaftar dalam program beta. Jadi kalau Anda penasaran ingin mencobanya, Anda harus mendaftar program beta.

BACA JUGA:

Selain mengumumkan enkripsi end-to-end untuk obrolan grup, Google juga mengumumkan bahwa aplikasi Messages akan segera memungkinkan pengguna bereaksi pada pesan RCS (Rich Communication Services) dengan emoji apa pun, mirip dengan WhatsApp Reactions.

Seperti Telset kutip dari GSM Arena, Google juga memanfaatkan momen perayaan ulang tahun ke-30 SMS itu untuk menyelidiki penolokan Apple untuk mengadopsi RCS. Google mengatakan semua operator dan produsen HP mengadopsi RCS, kecuali Apple.

Sebagai informasi, selama ini Apple hanya mengandalkan SMS manakala pengguna iPhone mengirim pesan ke pengguna HP Android.

Raksasa pencarian internet yang berbasis di Mountain View juga meluncurkan kampanye #GetTheMessage beberapa bulan lalu, yang menyerukan Apple untuk mengadopsi RCS di iPhone.

Meski sudah didesak, namun raksasa teknologi yang bermarkas di Cupertino itu cukup teguh dan keras kepala pada pendiriannya. CEO Apple Tim Cook mengatakan dia akan melakukannya alih-alih mengonversi pengguna Android ke iPhone.

Asal tahu saja, Messages adalah aplikasi SMS, RCS, dan pesan singkat yang dikembangkan Google untuk sistem operasi seluler Android maupun WearOS.

Messages juga tersedia versi web. Messages adalah platform perpesanan universal resmi Google untuk ekosistem Android, mirip iMessage di handset Apple.

Google sedang mengembangkan Messages supaya dapat bersaing melawan aplikasi pesan lain. Selain menghadirkan emoji, Messages pun punya fitur baru.

BACA JUGA:

Obrolan grup Messages bakal mempunyai fitur enkripsi end-to-end dalam beberapa minggu ke depan kendati masih dalam tahap pengujian terbatas beta.

Sebelumnya, fitur serupa ada di obrolan “satu lawan satu” (one-on-one) Messages. Google kemungkinan akan secara resmi mengadopsinya di obrolan grup Messages. [SN/HBS]

 

1 KOMENTAR

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini

RELATED ARTICLES

Latest Articles

- Advertisement -

Your compare list

Compare
REMOVE ALL
COMPARE
0