Navigasi Android P Mirip iPhone X?

Telset.id, Jakarta – Ada kabar menarik bagi penggemar android, yang menantikan sistem operasi anyar Android P. Sistem operasi yang rencananya dirilis akhir tahun ini akan memiliki fitur yang mirip dengan iPhone X.

Seperti dilansir Engadget, informasi dari tim 9to5Google yang memantau entri blog developer Google secara singkat menyertakan tangkapan layar Android P dengan serangkaian tombol navigasi yang sangat berbeda. seperti apa?

Biasanya pada Android ada tiga tombol kembali (back), home dan multitasking yang terletak pada bagian paling bawah layar. Namun OS anyar ini hanya menampilkan tombol kembali dan strip seperti yang ada di iPhone X.

Walaupun tidak ada keterangan mengenai petunjuk untuk fungsinya, tetapi sebelumnya sudah ada bocoran yang mengungkapkan bahwa Google sedang menguji papan navigasi.

Uji coba itu antara lain membuat gesekan ke atas akan memicu multitasking, mirip gaya navigasi iPhone X. Tombol kembali juga akan menghilang ketika tidak digunakan, seperti ketika melihat layar awal.

Namun belum tentu fitur ini pasti akan diterapkan dalam Android P, hingga saat peluncurannya. Google sering bereksperimen dengan fitur yang mungkin dipotong atau dimodifikasi pada saat versi Android anyar sampai ke tangan pembeli.

Baca juga: Android P akan Gusur Aplikasi Lawas di Play Store

Sebenarnya cukup masuk akal jika Google akan memamerkan fitur ini pada dua event besar, yakni konferensi I/O pada Mei dan peluncuran resminya pada akhir 2018.

Ponsel dengan layar tinggi sudah menjadi tren saat ini dan Google mungkin menginginkan antarmuka yang tidak berantakan untuk dicocokkan. Pengenalan fitur baru di acara I/O akan memberi waktu kepada pengembang aplikasi untuk beradaptasi dengan perubahan tersebut.

Sebelumnya, Google akan memensiunkan beberapa aplikasi lawas di Play Store ketika Android P di rilis.

Menurut laporan Android Police sebelumnya, aplikasi lawas yang akan hilang di Google Play Store seiring kehadiran Android P adalah yang telah setahun tak mengalami pembaruan.

Sebagai contoh, manakala Android P rilis dan terinstal di ponsel, Google Play Store hanya akan menampilkan aplikasi-aplikasi yang mendukung minimal Android Oreo 8.0. [WS/HBS]

Sumber: Engadget

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here