telset

Move On dari Google, Huawei Rilis Search Engine Sendiri

Telset.id, JakartaHuawei baru saja menggelar event akbar bertajuk Huawei Developer Conference 2020. Dalam kesempatan tersebut, President of Huawei Consumer Business Cloud Services, Zhang Pingan, resmi meluncurkan search engine atau mesin pencari canggih.

Seperti dikutip Telset.id dari GizChina, Jumat (11/9/2020), search engine Huawei tersebut ditujukan untuk smartphone. Ia mengatakan bahwa mesin pencari ini dibuat menggunakan Huawei Mobile Terminal User.

Mesin pencari ini telah mencakup lebih dari 170 negara dan wilayah, sekitar 50 bahasa dan lebih dari 20 industri vertikal.

Huawei nantinya akan menghadirkan lima layanan utama dari Huawei Mobile Services. Kelima layanan utama Huawei tersebut terdiri dari payment, advertising, browsing, map, dan search engine.

{Baca Juga: Smartphone Huawei dengan HarmonyOS 2.0 Diluncurkan Tahun Depan}

mesin pencari huawei

Sebelumnya, memastikan bahwa perusahaan akan merilis smartphone dengan HarmonyOS 2.0 pada tahun depan.

Dalam acara tahunan Huawei Developer Conference, Yu mengatakan bahwa mereka bakal meluncurkan smartphone pertama dengan HarmonyOS 2.0 di tahun depan.

Akan tetapi, ia sama sekali tidak menyebutkan secara rinci seperti apa smartphone tersebut. Ada kemungkinan, ponsel baru akan tersedia secara terbatas di China saja.

Di acara tersebut, bos Huawei, Richard Yu menjelaskan bahwa HarmonyOS 2.0 merupakan sistem operasi cross-platform yang bisa berfungsi di smartphonesmart TV, head unit pada mobil, sampai smartwatch.

{Baca juga: Pindah dari EMUI Android ke HarmonyOS Semudah Update OS}

Oleh karenanya, Huawei lebih dulu akan menyebarkan Software Development Kit atau SDK kepada para developer sebelum merilis secara resmi HarmonyOS 2.0 kepada publik.

Perusahaan asal China ini sudah menyebarkan SDK HarmonyOS 2.0 untuk smart TV, smartwatch, dan head unit mobil pada 10 September 2020. Sedangkan untuk smartphone, SDK HarmonyOS 2.0 dibagikan pada Desember 2020 mendatang.

Di kesempatan yang sama, bos Huawei juga memperkenalkan OpenHarmony yang hampir sama konsepnya dengan AOSP atau Android Open Source Project.

{Baca juga: Spesifikasi dan Harga Hp Huawei Terbaru}

Melalui OpenHarmony, Huawei memberikan kesempatan kepada developer untuk mengembangkan aplikasi maupun fitur untuk perangkat dengan RAM minimal 128KB yang berjalan di HarmonyOS 2.0.

Sistem ini bakal memudahkan para developer aplikasi. Huawei menyebutkan, para developer bisa membangun 1 aplikasi yang bisa dijalankan di perangkat yang berbeda-beda. (HR/MF)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

RELATED ARTICLES

- Advertisement -

Latest Articles

- Advertisement -

Your compare list

Compare
REMOVE ALL
COMPARE
0