telset

MiFavor 3.0 UI Tampilkan Efek Psikologi Warna

Mifavor 3.0JAKARTA –  ZTE akan menggunakan antarmuka sistem terbaru miliknya, yaitu MiFavor 3.0 dalam smartphone terbarunya yang akan segera diluncurkan di Indonesia.

MiFavor UI adalah user interface yang dikembangkan sendiri oleh ZTE sejak tahun 2011, dan sekarang sudah mencapai generasi ketiga, dan dirancang untuk lebih memahami perasaan pengguna melalui personalisasi warna.

MiFavor 3.0 didesain sejalan dengan filosofi ‘material design’ dari Google untuk Android Lollipop 5.0, yang diklaim memberikan kenyamanan personal bagi penggunanya melalui pengaturan MiColor, menu, wallpaper, dan efek transisi yang dapat dipilih dan diatur dengan mudah.

Pengguna dapat mengekspresikan diri mereka melalui warna-warna cemerlang di layar yang dapat disesuaikan dengan keinginan.

“Warna adalah bentuk dari komunikasi non-verbal dan salah satu unsur yang paling penting dalam dunia desain. Pemahaman mendalam terhadap efek emosional dari perbedaan warna juga sangat penting ketika kami mendesain setiap produk,” ujar Romeo, Sales Director ZTE Mobile Device, PT ZTE Indonesia, dalam keteranannya, Minggu (22/3/2015).

Disebutkan, bahwa MiFavor 3.0 dikembangkan melalui penelitian mendalam mengenai psikologi warna. Sistem ini memungkinkan pengguna untuk menyesuaikan paduan warna dengan menyediakan beberapa skema warna yang bisa dipilih.

Para desainer dari MiFavor 3.0 mempelajari efek psikologis warna yang berbeda pada manusia, dan menganalisa fungsi tiap modul sebelum menetapkan warna utama yang unik untuk tiap modul (bagian-bagian dalam system operasi) yang berbeda.

Contohnya, untuk modul komunikasi dan telepon, MiFavor 3.0 menggunakan warna biru, warna yang melambangkan profesionalisme, ketenangan, dan kepercayaan. Warna biru ini memberikan pengguna rasa aman, kemudahan penggunaan, dan intensitas pertukaran informasi.

Untuk modul multimedia, MiFavor 3.0 menggunakan warna magenta yang memberi pengguna rasa ceria, sedangkan warna jingga-kuning diidentifikasikan dengan kecepatan dan kebersihan, sehingga cocok untuk modul tools.

Begitu juga untuk modul layanan sistem, digunakan warna hijau, warna emosional positif yang digunakan untuk mendorong perasaan yang menyegarkan, mendamaikan, dan memberi rasa nyaman.

“MiFavor 3.0 membidik para pengguna muda dan mereka yang ingin terlihat ekspresif dan ceria,” tukas Romeo menjelaskan.

Untuk mencapai target ini, tambah Romeo, pihaknya akan fokus pada penelitian untuk penyesuaian warna. Oleh karena itu dalam antarmuka MiFavor 3.0 disediakan berbagai pilihan skema warna komplementer/pelengkap terhadap warna utama untuk menciptakan visual yang jelas dan eksklusif.

Misalnya, warna hijau digunakan sebagai pelengkap untuk area warna kuning yang lebih luas, sedangkan warna ungu digunakan sebagai pelengkap untuk area berwarna hijau. [HBS]

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

RELATED ARTICLES

- Advertisement -

Latest Articles

- Advertisement -

Your compare list

Compare
REMOVE ALL
COMPARE
0