telset

Gegara Pandemi, Microsoft Batalkan Kehadiran OS Windows 10X

Telset.id, Jakarta – Microsoft secara resmi mengumumkan bahwa mereka membatalkan rencana perilisan sistem operasi Windows 10X. Sejumlah fitur terbaik dari OS ini nantinya akan diadaptasi ke Windows 10.

Awalnya sistem operasi Windows 10X akan direncanakan hadir untuk perangkat dengan layar ganda, seperti Microsoft Surface Neo. OS ini akan memiliki tampilan antarmuka dan fitur yang lebih ringan dan juga disederhanakan.

Namun saat pandemi melanda, Microsoft memutuskan bakal memprioritaskan Windows 10X untuk laptop pada umumnya, yang hanya memiliki satu layar.

{Baca Juga: Cara Mudah Install Ulang Laptop dengan CD atau Flashdisk}

Sebagaimana dilansir dari The Verge, Rabu (19/5/2021), kiprah Windows 10X diumumkan secara resmi berakhir bahkan sebelum resmi dirilis. Microsoft sekarang berencana untuk membawa fitur-fitur yang ada ke dalam Windows 10.

“Alih-alih membawa produk yang disebut Windows 10X ke pasar pada tahun 2021 seperti yang semula kami maksudkan, kami memanfaatkan pembelajaran dari perjalanan kami sejauh ini dan mempercepat integrasi teknologi 10X dasar utama ke bagian lain dari Windows dan produk di perusahaan,” tegas John Cable, head of Windows servicing and delivery.

Fitur Windows 10X yang Diadaptasi ke Windows 10

Sistem operasi Microsoft Windows 10X
Windows 10X

Beberapa fitur sudah mulai diadaptasi ke Windows 10, seperti teknologi wadah aplikasi baru, voice typing yang lebih baik, serta keyboard sentuh yang dimodernisasi untuk para pengguna Windows 10.

Microsoft juga mengatakan akan terus berinvestasi di area di mana teknologi 10X bisa digunakan baik untuk perangkat lunak dan juga perangkat keras. Namun sepertinya konsumen belum akan melihat seperti apa wujud dari Surface Neo.

{Baca Juga: WhatsApp Sebut Google, Microsoft dkk Juga Langgar Privasi Pengguna}

Sistem operasi ini sebenarnya dimaksudkan untuk menjadi pesaing ChromeOS. Ini menjadi salah satu upaya Microsoft yang telah menghabiskan bertahun-tahun untuk mencoba memodernisasi menjadi lebih ringan.

Pertama kali mereka merilis Windows RT bersamaan dengan tablet Surface pada tahun 2012. Kemudian Windows 10 S yang tiba di tahun 2017. Keduanya gagal untuk menyederhanakan Windows.

Kemudian hadirnya OS Windows 10X dengan beberapa fiturnya yang terlihat cukup menjanjikan. Namun sayangnya sistem operasi ini sudah resmi dibatalkan oleh Microsoft.

Pihak Microsoft sendiri telah merilis pembaruan Windows 10 pada bulan Mei 2021. Pembaruan yang lebih besar direncanakan pada bulan Oktober mendatang.

{Baca Juga: Microsoft Bakal Bangun Data Center Pertama di Indonesia}

Pembaruan besar berikutnya ini mencakup beberapa perubahan visual besar dalam bentuk ikon sistem baru, peningkatan File Explorer dan ikon era Windows 95.

Microsoft juga berfokus pada beberapa fitur dan tambahan utama seperti memperbaiki masalah pengaturan ulang aplikasi pada beberapa monitor, menambahkan fitur Xbox Auto HDR, dan juga meningkatkan dukungan audio Bluetooth. (HR/MF)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

RELATED ARTICLES

- Advertisement -

Latest Articles

- Advertisement -

Your compare list

Compare
REMOVE ALL
COMPARE
0