Microsoft Akan Tutup Internet Explorer Mulai 15 Juni 2022

Telset.id, Jakarta – Microsoft mengingatkan kepada pengguna internet bahwa layanan Internet Explorer akan pensiun atau ditutup mulai tanggal 15 Juni 2022 mendatang.

Dikutip Telset dari IT World Canada pada Selasa (22/3/2022), melalui keterangan resminya Microsoft menyatakan bahwa Internet Explorer akan ditutup dan diganti oleh Microsoft Edge.

“Seperti yang diumumkan sebelumnya, masa depan Internet Explorer di Windows ada di Microsoft Edge. Aplikasi desktop Internet Explorer 11 (IE11) akan dihentikan pada 15 Juni 2022, untuk versi Windows 10 tertentu,” kata Microsoft.

Adapun aplikasi yang akan terpengaruh oleh penghentian Internet Explorer 11 termasuk aplikasi desktop Internet Explorer 11 yang dikirimkan melalui Semi-Annual Channel (SAC), SKU klien Windows 10 atau versi 20H2 dan yang lebih baru, dan Windows 10 IoT atau versi 20H2 dan yang lebih baru.

Baca juga: Microsoft Akuisisi Activision Blizzard Senilai Rp 1000 Triliun

Setelah Internet Explorer dihentikan, aplikasi Internet Explorer di desktop akan dinonaktifkan dan tidak didukung. Nantinya jika pengguna mengklik Explorer maka secara otomatis Microsoft akan mengarahkan pengguna ke Microsoft Edge.

Untuk diketahui, Internet Explorer pertama kali beroperasi pada tahun 1995 dengan nama awal Internet Explorer 1.0.

Selama perjalanannya Microsoft terus mengembangkan Explorer dengan menghadirkan sejumlah fitur demi mampu bersaing dengan web browser lain seperti Opera atau Mozilla Firefox.

Namun seiring berjalannya waktu, Microsoft malah menghadirkan Microsoft Edge pada tahun 2015 dan sekarang Edge yang bakal menggantikan peran aplikasi browser berusia 27 tahun tersebut.

Isyarat meniadakan Internet Explorer sudah diberikan Microsoft pada tahun 2020 lalu. Kala itu perusahaan pimpinan Satya Nadella itu menyatakan kalau per tanggal 17 Agustus 2021 Microsoft tidak lagi memberikan dukungannya pada aplikasi tersebut.

Maksudnya Explorer tidak lagi didukung oleh banyak layanan Microsoft, seperti Outlook, OneDrive, Office 365 dan lain sebagainya sejak tanggal 17 Agustus 2021. Bahkan untuk Microsoft Teams lebih cepat lagi.

Baca juga: Dharma Simorangkir Resmi Jadi Presdir Microsoft Indonesia

Layanan Teams tidak akan lagi mendukung Explorer 11 mulai tanggal 20 November 2020. Jadi bisa dibilang pensiunnya Internet Explorer merupakan akhir perjalanan aplikasi itu di dunia internet. Selamat tinggal Internet Explorer. [NM/IF]

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini

RELATED ARTICLES

Latest Articles

- Advertisement -

Your compare list

Compare
REMOVE ALL
COMPARE
0