Telset.id, Jakarta – WhatsApp akan mempunyai fitur Channels di aplikasi. Fitur komunikasi satu arah ini dapat digunakan kreator, organisasi atau tokoh publik untuk memposting konten atau pemikirannya ke banyak pengguna WhatsApp.
Dikutip Telset dari GSM Arena pada Minggu (11/06/2023), Meta selaku perusahaan induk WhatsApp menjelaskan kalau Channels adalah cara yang efektif untuk memberikan informasi ke banyak pengguna, dengan tetap menjaga privasi.
Namun informasi hanya bisa diterima oleh pengguna yang telah mengikuti Channel tertentu. Fitur baru ini akan dapat diakses melalui tab Update khusus di dalam WhatsApp dan admin saluran akan dapat berbagi pesan, foto, video, stiker, dan jajak pendapat dengan pengikut mereka.
Misalnya saja sebuah tim olahraga dapat berbagi pembaruan tentang permainan dan pemain, menerima berita dari pejabat lokal, pembaruan dari kreator favorit Anda dan komunitas penggemar.
Pengguna dapat mencari organisasi favorit, tim olahraga, dan lainnya dengan kotak pencarian di WhatsApp. Riwayat saluran akan disimpan tidak lebih dari 30 hari ke belakang dan admin akan menyembunyikan nomor telepon dan foto profil mereka dari pengikut untuk alasan keamanan.
Admin saluran juga dapat memblokir penerusan pos dan tangkapan layar. Perlu disebutkan bahwa fitur Channels tidak akan menampilkan enkripsi end-to-end saat diluncurkan meskipun WhatsApp menjanjikan fitur ini aan hadir di Channel.
BACA JUGA:
- WhatsApp Uji Coba Fitur Berbagi Foto Resolusi Tinggi
- 8 Tips Menjaga Keamanan Akun WhatsApp, Biar Gak Dibajak!
Channels masih dalam pengembangan dan akan diluncurkan di WhatsApp beta untuk Android, iOS, dan desktop. WhatsApp mengatakan bahwa fitur ini akan debut di Kolombia dan Singapura terlebih dahulu sebelum peluncuran yang lebih luas dalam beberapa bulan mendatang.
BACA JUGA:
- WhatsApp Bakal Punya Fitur Screen Sharing Saat Video Call
- Tiru Telegram, Meta Bikin Fitur Channels di Instagram
Fitur Channels sebelumnya sudah ada di Instagram. Cara kerjanya mirip, dimana kreator bisa membuat Channel untuk membagikan konten atau informasi kepada pengguna, yang bergabung ke dalam Channel. Fitur ini sudah ada beberapa bulan lalu di Instagram, dan kini sudah banyak kreator yang membuat Channel mereka sendiri.