Login ke Safari Bakal Bisa Pakai Face ID dan Touch ID

Telset.id, Jakarta – Pengguna Apple boleh bersenang hati. Betapa tidak, login ke Safari kini bakalan jauh lebih mudah, karena bisa dilakukan dengan menggunakan Face ID dan Touch ID. Dengan cara itu, pengguna akan lebih cepat untuk masuk ke sebuah situs.

Di iOS, kedua fitur digunakan untuk mencegah akses tidak sah. Misalnya untuk masuk aplikasi perbankan, pengguna dapat menggunakan fitur ini agar keamanannya terjamin.

Dalam waktu dekat, sistem keamanan serupa diterapkan oleh Apple kala pengguna ingin masuk ke sebuah situs. Dukungan Face ID dan Touch ID ini segera hadir di situs yang menerapkan API Otentikasi Web Apple.

{Baca juga: Pengguna iPhone Tak Perlu Lepas Masker untuk Buka Face ID}

Menurut laporan Ubergizmo, seperti dikutip Telset.id, Kamis (25/6/2020), Apple menggunakan Keychain iCloud untuk membantu pengguna menyimpan kata sandi dan mengisi informasi atas nama pengguna.

Pengguna harus menggunakan Keychain iCloud untuk menyimpan kredensial. Apple juga menyatakan, menggunakan kedua fiturnya itu, pengguna bakal terbantu dalam mencegah phishing.

“Safari hanya akan mengizinkan kredensial publik yang dibuat oleh API Apple untuk digunakan di dalam situs. Kredensial itu tidak akan pernah dapat diekspor keluar dari pengautentikasi asal,” kata Apple.

Merujuk kepada penjelasan Apple tersebut di atas, bisa diartikan bahwa setelah kredensial publik diberikan, tidak ada cara bagi pengguna untuk secara tidak sengaja membocorkannya kepada pihak lain.

{Baca juga: Facebook Uji Coba Face ID dan Touch ID untuk Messenger}

Selain Safari, beberapa aplikasi lain juga membuka kemungkinan untuk bisa diakses mengunakan dua fitur unggulan Apple ini. Diantaranya adalah Messenger, yang belum lama ini diujikan oleh Facebook. Tujuannya untuk memberi pengguna lebih banyak pilihan dan kontrol guna melindungi pesan pribadi. Tak hanya itu, pada pembaruan teranyar, Google Drive untuk iOS juga sudah support kedua fitur tersebut.

Menurut laporan Ubergizmo, seperti dikutip Telset.id, Google memperbarui keamanan biometrik untuk Google Drive di perangkat bersistem operasi iOS. Asal tahu saja, iOS merupakan sistem operasi Apple. [SN/IF]

SourceUbergizmo

Related Articles

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

- Advertisement -

Latest Articles

- Advertisement -