Google Tambahkan Label Cek Fakta Hasil Pencarian Gambar

label cek fakta pencarian gambar Google

Telset.id, Jakarta  – Google akan menambahkan label cek fakta di hasil pencarian gambar. Saat mencari sesuatu via Google Search, Anda akan menemukan gambar berlabel untuk memberitahu fakta yang sebenarnya.

Selama ini, gambar yang beredar bisa saja merupakan hasil manipulasi dengan cara ditambah atau dihapus secara visual maupun informasi.

Yang lebih parah, gambar tersebut kemudian digunakan dalam artikel hoaks alias menyesatkan. Untuk menghindarkan pengguna dari gambar palsu, Google segera menghadirkan fitur baru.

Seperti dikutip Telset.id dari Ubergizmo, Rabu (24/6/2020), Google menambahkan label cek fakta pencarian gambar di Google Search.

Saat mencari sesuatu via Google Search, Anda akan menemukan gambar yang memiliki label. Mengklik gambar itu akan keluar informasi tambahan beserta tautan ke situs pengecekan fakta. Nantinya, klaim dalam gambar bisa ditolak.

Menurut Google, foto dan video adalah cara luar biasa untuk membantu orang memahami apa yang sedang terjadi di dunia. Tetapi, kata Google, kekuatan media visual memiliki jebakan,terutama ketika ada pertanyaan seputar asal-usul, keaslian.

Google mengklaim akan menggunakan platform pemeriksaan fakta yang memenuhi kriteria perusahaan. Perusahaan berharap, kehadiran fitur baru tersebut akan mengurangi peredaran gambar menyesatkan di dunia maya.

Bukan kali pertama ini Google mencoba menghadirkan layanan pemeriksa fakta. Beberapa tahun lalu, perusahaan memperkenalkan label-label pengecekan fakta di halaman pencarian yang mencoba untuk menghilangkan prasangka.

Sementara itu, Google memiliki cara sendiri untuk menangkal peredaran hoaks Virus Corona. Perusahaan pimpinan Sundar Pichai tersebut menghadirkan Google SOS Alert sehingga pengguna bisa mendapatkan informasi resmi tentang virus yang lagi heboh itu.

Menurut Communication Manager Google Indonesia Feliciana Wienathan, Google telah mengaktifkan SOS Alert beberapa pekan yang lalu.

Artinya ketika pengguna mengetik “Virus Corona” di Google Search maka Google akan mengarahkan ke artikel-artikel yang kredibel terkait Virus Corona.

Selain itu Google juga menampilkan tips mencegah Virus Corona di Google Search. Menurut Feliciana semua tindakan Google adalah upaya untuk membantu masyarakat mendapatkan informasi yang kredibel terkait virus mematikan tersebut. [SN/HBS]

 

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here