Kunci WhatsApp di iPhone akan Pakai Sidik Jari dan Wajah

Telset.id, Jakarta – Ada kabar baik untuk Anda pengguna iPhone yang memakai aplikasi WhatsApp dalam aktifitas sehari-hari. Tak lama lagi WhatsApp di iPhone akan bisa dikunci dengan memakai sentuhan sidik jari dan foto wajah Anda.

Dilansir PhoneArena, Selasa (23/10/2018), fitur keamanan baru ini bisa menjaga percakapan Anda dari gangguan peretas atau hacker atau ulah iseng orang yang membuka ponsel anda ketika tertinggal.

Kombinasi sistem keamanan iPhone yang tidak bisa ditembus aparat berwenang dengan fitur baru WhatsApp ini dipastikan akan menambah rasa aman anda ketika menggunakan aplikasi ini.

Fitur anyar WhatsApp ini baru terlihat dalam versi alfa dari aplikasi yang belum bisa diunduh karena memang belum ada di Appstore. Selain itu, pilihan metode ID yang bisa digunakan tergantung tipe iPhone yang Anda miliki, bisa hanya sidik jari atau hanya kamera wajah.

Pastinya hingga kini belum ada model iPhone yang memiliki dua sensor, yakni sidik jari dan sensor kamera pengenal wajah atau true depth sekaligus.

Jika sudah mengaktifkan opsi keamanan anyar untuk WhatsApp ini, maka Anda harus selalu mengidentifikasi diri setiap kali membuka aplikasi ini. Jika tidak berhasil memakai sensor biometrik tersebut beberapa kali, maka aplikasi ini akan meminta Anda memasukkan kode sandi untuk iPhone Anda. Jadi tak perlu khawatir aplikasi ini diblokir.

Fitur ini dinilai akan memberikan keuntungan bagi WhatsApp Business, versi perusahaan dari aplikasi ini. Ini karena fitur ini akan mampu melindungi informasi sensitif atau hal yang vital di dunia korporat.

Anda juga tak perlu khawatir fitur ini akan membahayakan metode identifikasi yang ada di smartphone. Ini karena WhatsApp hanya akan mengakses API Apple. Nah, API ini yang akan melakukan semua hal dan memberi tahu aplikasi apakah berhasil membuka kunci berhasil atau tidak.

Sayangnya belum ada petunjuk apakah fitur keamanan serupa juga akan hadir untuk Android.  Tetapi kemungkinan besar aplikasi ini akan menerapkan fitur serupa versi Android karena merupakan pengguna WahtsApp yang paling banyak. [WS/HBS]

Sumber: PhoneArena

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here