Kodak Scanza Sulap Foto Negatif jadi Foto Digital

Telset.id, Jakarta – Mungkin ada diantara Anda yang masih punya kotak sepatu bekas yang di dalamnya penuh dengan tumpukan film negatif. Saking repotnya, Anda pasti enggan dan selalu menunda-nunda mengubah film-film negatif Anda menjadi koleksi foto digital.

Anda juga mungkin pernah mencoba melakukannya dengan cara DIY, menggunakan ponsel. Untuk memudahkan Anda, Kodak memperkenalkan alternatif yang jauh lebih mudah dan mungkin jauh lebih murah dibandingkan mencari jasa orang lain untuk mengerjakannya.

Alat ini bernama Kodak Scanza, pemindai film berbentuk tabung, yang mampu mengubah film negatif menjadi gambar JPEG biasa. Pemindai ini berukuran kecil dan relatif murah, karena bisa dibawa pulang hanya dengan mahar USD 170 atau sekitar Rp 2,2 juta.

Kodak Scanza dapat digunakan untuk memindai film negatif berbagai ukuran standar, termasuk 35mm dan Super 8. Caranya gampang. Pilih lampiran yang sesuai, pilih aturan pemindaian, kemudian masukkan gulungan film negatif Anda ke dalam mesin pemindai. Simpel, kan?!

Scanza juga memiliki layar built-in untuk mengendalikan mesin pemindai serta menyesuaikan pengaturan pemindaian foto dengan yang diinginkan. Pengguna yang kemudian ingin menyunting foto di Photoshop atau Lightroom juga bisa langsung menyambungkan Scanza ke komputer tanpa harus menggunakan driver lagi.

Atau bisa juga dengan cara lain. Anda bisa memasukkan SD card biasa ke dalam slot yang tersedia pada Scanza, dan menyimpan file-file foto ke dalamnya.

Alat ini mengubah film negatif menjadi gambar digital dengan resolusi 14 megapixel—resolusi yang cukup untuk kebutuhan Anda mengunggah di Facebook atau Instagram.

Tetapi jika Anda membutuhkan resolusi yang lebih tinggi untuk dicetak, Kodak bisa meningkatkan resolusi hingga 22 megapixel—meski kualitas hasilnya nanti bisa saja menurun.

Kodak sendiri telah mengumumkan peluncuran Scanza di ajang CES 2018 di Amerika Serikat. Produk ini dapat dibeli melalui Amazon dan dikirim lengkap dengan berbagai adaptor untuk jenis film yang berbeda-beda.

Yang harus Anda sediakan sebelum menggunakan alat ini adalah SD Card serta kabel HDMI untuk menghubungkannya ke monitor ekternal atau televisi. [WW/HBS]

 

 

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here