Kini Pengguna Instagram Bisa Download Reels Secara Langsung

Telset.id, JakartaInstagram kini menghadirkan sebuah fitur baru yang memudahkan para penggunanya download konten video Reels secara langsung dari aplikasi.

Bukan sebuah rahasia lagi bahwa sekarang setiap orang banyak menghabiskan waktu untuk menonton video di platform Instagram, TikTok, dan YouTube, sayangnya kebiasaan ini meimbulkan kecemasan ketika kita tidak memiliki koneksi internet.

Namun, untuk mengatasi hal tersebut para pengguna media sosial biasanya menyiasati masalah ini dengan mengunduh berbagai video tersebut, tetapi untuk mengunduhnya membutuhkan aplikasi atau situs pihak ketiga, yang mana ini agak sedikit rumit.

BACA JUGA:

Kini, Instagram telah mempermudah para penggunanya untuk download konten video Reels secara langsung di aplikasinya tanpa membutuhkan bantuan dari aplikasi pihak ketiga, lapor Gizmochina.

Menurut postingan CEO Instagram Adam Mosseri, Instagram kini memiliki fitur pengunduhan Reels. Mosseri menjelaskan bahwa fitur ini akan menawarkan opsi pengunduhan yang mirip dengan YouTube Premium. Pengguna yang ingin melakukannya dapat mengakses dan menonton video melalui aplikasi bahkan tanpa koneksi internet.

Fitur pengunduhan Instagram ReelsĀ  ini mirip dengan fitur pengunduhan yang disertakan oleh YouTube Premium. Alih-alih menghabiskan ruang di galeri Anda, video disimpan di area khusus dalam aplikasi. Dengan cara ini, Anda dapat mengakses video yang diunduh dari sana saat Anda offline atau tidak ingin menggunakan data Anda.

Download Instagram Reels Langsung

Fitur ini khususnya akan bermanfaat bagi mereka yang mengumpulkan Reel favorit mereka di bagian yang disimpan. Meskipun pernyataan Mosseri telah diumumkan, fitur ini belum diluncurkan secara global. Mungkin perlu beberapa hari untuk menyelesaikan proses peluncuran ini hingga tersedia untuk semua pengguna.

Sebenarnya, Instagram mulai mengizinkan pengunduhan Reels bagi pengguna di Amerika Serikat pada bulan Juni lalu, dan sekarang perusahaan mulai meluncurkan fitur ini ke pengguna di seluruh dunia.

Tentu saja, fitur download Instagram Reels juga menimbulkan perdebatan hak cipta. Solusi awal Instagram untuk masalah ini adalah dengan mematikan suara saat mengunduh video dengan musik berhak cipta.

Namun, masalah lain yang muncul adalah ketika orang mencuri video milik orang lain. YouTube dan TikTok telah mengatasi masalah ini dengan menambahkan logo watermark selama pengunduhan.

Dengan cara ini, pengguna yang menonton video tersebut di platform lain dapat melihat nama pemilik video aslinya. Meski begitu, hal ini tidak menjamin bahwa orang tidak akan mencoba mendownload video tersebut dari tempat lain.

BACA JUGA:

Lebih lanjut, Instagram diharapkan bisa menerapkan hal yang sama seperti YouTube dan TikTok untuk melindungi pembuat konten dengan tidak memberikan kemudahan ini secara langsung kepada pencuri konten.

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini

ARTIKEL TERKAIT

REKOMENDASI
ARTIKEL TEKINI
HARGA DAN SPESIFIKASI