Keren! Google Lens Kini Bisa Kenali 1 Miliar Item

Telset.id, Jakarta –  Aplikasi Google Lens, yakni kamera yang dilengkapi dengan teknologi kecerdasan buatan (AI) sepertinya akan semakin canggih saja. Betapa tidak, produk Google ini kini bisa mengenali lebih dari 1 miliar item atau barang. Hal ini diungkapkan perusahaan teknologi asal Amerika Serikat (AS) dalam postingan blog resminya, seperti dilansir the verge, Kamis (20/12/2018).

Versi awal Google Lens pada foto dan asisten diluncurkan tahun lalu dengan hanya memiliki kemampuan mengenali sekitar 250 ribu items. Jumlah item yang bisa dikenali aplikasi itu kini bertambah hingga 4 ribu kali lipat hanya dalam tempo setahun.

Lonjakan kemampuan tersebut terjadi setahun setelah mesin pengenal karakter pada optic Google Lens dilatih membaca lebih banyak label produk atau barang. Dengan mengenali teks, aplikasi ini bisa memberi nama untuk lebih banyak benda-benda yang direkamnya.

Aplikasi Google ini juga telah dimasukkan lebih banyak data dari foto yang dijepret oleh smartphone. Tak heran, perusahaan teknologi ini menyebut bahwa fitur ini secara keseluruhan lebih bisa diandalkan ketimbang sebelumnya.

{Baca juga: Pengguna Android Lebih Gampang Cari Foto via Google Lens}

Angka 1 miliar item tersebut berasal dari produk yang bisa didapat melalui Google Shopping. Dengan begitu, kemungkinan barang-barang yang tidak jelas nilainya dan tidak bisa dibeli secara umum, seperti konsol game tahun 1990-an dan edisi pertama buku langka, tidak bisa dikenali aplikasi ini.

Kendati demikian, aplikasi ini mencakup banyak hal yang bisa membuat tenang seseorang atau sekedar mencari barang yang ingin mereka ketahui.

{Baca juga: Image Search Bakal Lebih Interaktif via Google Lens}

Selain barang belanjaan, Google Lens juga bisa mengenali wajah orang, nama jaringan Wi-Fi dan aneka bentuk geometri, serta kategori lainnya.

Kemampuan untuk secara otomatis terhubung dengan Wi-Fi dengan menjepret foto label router sendiri diperkenalkan pada I/O 2017.

Tahun ini, Google Lens mendapat tambahan kemampuan untuk menyalin informasi dari kartu nama bisnis dan menambahkannya ke daftar kontak telepon pengguna. [WS/IF]

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here