Kenalkan Mint Browser, Aplikasi Browser Ringan Milik Xioami

Telset.id, Jakarta – Xiaomi telah merilis aplikasi peramban bernama Mint Browser yang ringan dan terintegrasi dengan Xiaomi MIUI.

Dilansir Telset.id dari GSMArena pada Senin (24/12), aplikasi Mint Browser telah tersedia di Google Play Store untuk dipasang di semua perangkat Android 4.4 dan spesifikasi yang lebih tinggi.

Mint Browser adalah peramban yang ringan dan dirancang untuk menggunakan lebih sedikit sumber daya. Baik itu ukuran unduhan peramban, ukuran instal, penggunaan memori atau penggunaan data, Mint Browser sedikit lebih hemat dibandingkan dengan beberapa peramban lain.

{Baca juga: Browser Ringan ‘Google Go’ Masuk Indonesia}

Karena sifatnya yang ringan, Mint Browser tidak terlalu kaya fitur. Perangkat tersebut hanya memiliki semua hal dasar termasuk mode penyamaran dan mode penghemat data dengan konsekuensi gambar akan sedikit terkompres untuk mengurangi penggunaan data.

Sayangnya tidak ada fitur pemblokir iklan dalam Mint Browser. Selain itu mesin pencari pilihan juga terbatas pada Yahoo default dan Google. Jika Anda ingin menggunakan sesuatu seperti DuckDuckGo maka Anda harus mengaturnya sebagai halaman awal default Anda.

Walaupun tidak memiliki fitur pemblokir iklan, pada Mint Browser tidak ada iklan yang mengganggu, pemberitahuan, konten yang dipromosikan dan situs-situs promosi pada layar awal, yang sekarang malah menjangkiti peramban MIUI.

{Baca juga: Firefox Rocket Browser Ringan Khusus Pengguna Indonesia}

Tren aplikasi Browser ringan memang sedang berkembang. Sebelumnya, Google juga merilis Google Go yang kelebihan utamanya adalah ukurannya yang sangat kecil. Saat dipasang, Google Go hanya membutuhkan ruang sebesar 5MB saja.

Selain itu, peramban ini juga tidak membutuhkan RAM yang besar untuk berjalan, dan diklaim dapat menghemat pemakaian kuota hingga 40 persen.

Di tambah lagi, jika Internet pengguna terputus saat sedang menelusuri informasi di Google, secara otomatis aplikasi ini akan memberikan hasil penelusuran saat Anda kembali online.

Seperti Google, Mozilla juga memiliki aplikasi browser yang memiliki kecepatan dan ringan yang bernama Firefox Rocket. Dengan ini, pengguna bisa menghemat data dan penyimpanan pada ponsel. [NM/IF]

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

Related Articles

RELATED ARTICLES

- Advertisement -

Latest Articles

- Advertisement -

Your compare list

Compare
REMOVE ALL
COMPARE
0