Telset.id, Jakarta – Lazada Group meluncurkan LazzieChat, chatbot eCommerce berbasis kecerdasan buatan (AI) untuk pengalaman belanja berbeda. Ini merupakan chatbot eCommerce pertama di Asia Tenggara, dengan dukungan ChatGPT OpenAI dalam Azure OpenAI Service.
Berdasarkan keterangan resmi yang diterima pada Sabtu (27/05/2023), LazzieChat dapat menjawab pertanyaan soal berbelanja dari pengguna di platform Lazada untuk memberikan pengalaman belanja yang menyenangkan, seru, dan personal.
“Kami senang dapat menghadirkan LazzieChat untuk para pengguna Lazada sebagai bagian dari investasi dalam teknologi untuk membangun ekosistem digital berkualitas tinggi yang mendukung pertumbuhan jangka panjang kami,” kata Howard Wang selaku Chief Technology Officer Lazada Group.
LazzieChat sangat berguna terutama untuk kategori produk fast-moving (FMCG) seperti fesyen dan kecantikan yang termasuk dalam produk yang paling banyak terjual di Lazada.
BACA JUGA:
- Lazada dan DANA Hadirkan Pembayaran COD Dengan QRIS
- Windows 11 Kini Didukung Teknologi AI, Ini Kecanggihannya
Brand dan penjual di aplikasi belanja online ini juga dapat memanfaatkan LazzieChat untuk meningkatkan visibilitas produk. LazzieChat juga siap membantu kapan pun dibutuhkan pelanggan.
Chatbot AI Lazada LazzieChat memanfaatkan kemampuan AI dan platform eCommerce milik Lazada, yang didukung oleh kemampuan bahasa alami dari Azure OpenAI Service.
Teknologi ini dapat memahami dan menanggapi pertanyaan dengan cara yang natural, serta menyarankan produk atau topik yang relevan yang mungkin menarik bagi pengguna.
Selain itu, dapat pula mencari deskripsi produk dan memberikan tautan produk yang tersedia di Lazada langsung di konsol chat, sehingga pengguna bisa mendapatkan informasi dan berbelanja dengan cepat dan nyaman.
LazzieChat tersedia dalam Bahasa Inggris di Singapura, Filipina, Bahasa Indonesia dan Bahasa Inggris untuk Indonesia. Nantinya LazzieChat akan tersedia dalam lebih banyak bahasa. Fitur ini dapat diakses dengan menggeser ke bawah halaman beranda aplikasi Lazada.
BACA JUGA:
- TikTok akan Punya Chatbot AI “Tako” untuk Pencarian Konten
- Meta Kembangkan Proyek MMS, Chatbot AI Multibahasa
Lazada akan terus mengoptimalkan algoritma LazzieChat untuk bisa merespons pertanyaan pengguna dengan tepat dan bertanggung jawab, dengan tetap merujuk pada kebijakan trust and safety Lazada.