Telset.id, Jakarta – Penambahan fitur pada suatu aplikasi memang sangat berpengaruh pada jumlah pengguna aplikasi tersebut. Misalnya Instagram, sebelum menghadirkan fitur Stories, media sosial milik Facebook itu hanya punya 500 juta pengguna aktif bulanan dan 300 juta pengguna aktif harian.
Tapi ketika Instagram menambahkan fitur yang mungkinkan penggunanya untuk membagikan foto atau video kegiatan mereka untuk 24 jam ke depan tersebut, pengguna Instagram meningkat cukup drastis.
Menurut VP of global Marketing Solutions Facebook, Carolyn Everson, pengguna aktif harian Instagram meningkat hingga 500 juta pengguna. Sedangkan untuk pengguna aktif bulanannya meningkat ke angka 800 juta pengguna.
[Baca juga: Instagram Uji Coba Fitur Lihat Follback Otomatis]
Meningkatnya jumlah pengguna harian Instagram itu tak terlepas dari strategi Stories itu sendiri yang hanya menyimpan foto atau video penggunanya dalam waktu 24 jam saja. Para pengguna Instagram mau tidak mau harus selalu membuka Instagram dan melihat Stories dari teman-teman mereka agar “tidak ketinggalan update“.
Dengan meningkatnya jumlah pengguna harian, Instagram juga semakin jauh meninggalkan pesaingnya, yakni Snapchat, yang “hanya” berhasil menggaet pengguna sebanyak 173 juta pengguna harian di bulan lalu, atau meningkat 30 juta pengguna saja di tahun sebelumnya.
Ironisnya, keberhasilan Instagram meraih banyak pengguna dan mengungguli Snapchat berkat fitur Stories, yang harus diakui “menjiplak dari fitur Stories yang ada di Snapchat. (FHP/HBS)