telset

iOS 12 Bisa Blokir Alat Penyelidikan Polisi

Telset.id, Jakarta – Apple berencana merilis fitur baru untuk iOS yang berfungsi memblokir perangkat GrayKey. Nantinya. iPhone punya kemampuan untuk memutus semua komunikasi melalui port USB jika tidak dikunci dalam satu jam terakhir.

Fitur tersebut bernama USB Restricted Mode dan bakal hadir di perangkat iOS 12 dan iOS 11.4.1 dalam waktu dekat. Pihak Apple menyatakan bahwa keberadaan fitur itu untuk membantu pelanggan melawan peretas dan pencuri identitas pribadi.

Menurut The Verge, Kamis (14/6), selama beberapa bulan terakhir, ketika ada kasus yang mengharuskan polisi mengambil bukti di ponsel milik korban, maka di sebagian negara akan menggunakan perangkat GrayKey untuk membuka iPhone yang tidak aktif.

GrayKey bekerja dengan cara menginstal beberapa jenis perangkat lunak melalui port Lightning iPhone.

Setelah perangkat lunak diinstal, di layar bakal tampil passcode atau semacam kode rahasia perangkat. Di sanalah polisi bisa menelusuri bukti.

Baca juga: 10 Fitur Baru yang Bisa Dicoba di iOS 10 Public Beta

“Kami sangat sangat menghormati penegak hukum. Kami melakukan peningkatan keamanan di iPhone bukan berarti ingin menggagalkan pekerjaan mereka. Perubahan yang kami lakukan merupakan pembaruan keamanan umum,” kata pihak Apple.

Beberapa hari lalu, Apple juga menghadirkan fitur bernama Screen Time untuk iOS 12 yang berfungsi untuk mengurangi waktu yang dihabiskan pengguna ketika menggunakan iPhone. Fitur tersebut memungkinkan pengguna untuk memasang batas waktu penggunaan aplikasi.

Sebagai contoh, jika telah kecanduan kepada salah satu aplikasi, pengguna bisa menetapkan batas maksimal waktu penggunaannya dalam sehari. Pengguna nantinya memperoleh peringatan jika jatah waktu akses aplikasi dalam sehari telah habis.

Baca juga: iOS 12 Punya Fitur Anti Kecanduan Gadget

Meski begitu, pengguna tetap bisa mengabaikan peringatan tersebut. Dengan kata lain, untuk memerangi kecanduan gadget, semua kembali kepada kesadaran pengguna. [SN/HBS]

Sumber: The Verge

4 KOMENTAR

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini

RELATED ARTICLES

- Advertisement -

Latest Articles

- Advertisement -

Your compare list

Compare
REMOVE ALL
COMPARE
0