Image Search Bakal Lebih Interaktif via Google Lens

Telset.id, Jakarta – Dalam beberapa minggu ke depan, Google akan merilis aplikasi Google Lens untuk layanan Image Search. Kehadirannya bakal membantu pengguna mengeksplorasi dan mempelajari lebih jauh terkait konten visual selama pencarian.

Kala pengguna memakai Image Search dan ingin menemukan hasil penelusuran secara lebih mendalam, tekan ikon Lens di bagian bawah gambar.

Seperti dikutip Telset.id dari Techcrunch, Google Lens akan menganalisa gambar dan menampilkan foto lain terkait dengan upaya pencarian.

Google Lens juga akan menyuguhkan tautan ke toko, memungkinkan pengguna membeli barang yang ditemukan di Search. Kemudian, pengguna cukup mamakai jari untuk menggambar lingkaran di sekitar bagian gambar untuk mempersempit pencarian.

Baca juga: Google Photos Punya Fitur-fitur Baru dengan AI, Apa Saja?

Google juga membawa kemampuan lain di Image Search lewat Featured Videos. Memanfaatkannya, pengguna memungkinkan untuk menemukan klip terkait topik pencarian.

Kemampuan tersebut merupakan bagian dari rencana Google untuk menjadikan konten visual menjadi lebih berguna bagi pengguna Search.

Beberapa waktu lalu, Google merilis fitur Art Selfie sebagai bagian dari perluasan integrasi Google Lens. Fitur Art Selfie didukung oleh teknologi visi komputer Google, yang berbasis pembelajaran mesin atau kecerdasan buatan.

Baca juga: Dilengkapi Teknologi AI, Color Pop Sambangi Google Photos

Saat pengguna memotret diri, gambar akan dibandingkan dengan wajah di karya seni yang disediakan oleh mitra museum Google. Beberapa saat setelahnya, pengguna akan mendapati hasil bersamaan dengan persentase estimati kesamaan visual di setiap karya seni dan wajah pengguna.

Dan jika ingin mempelajari lebih jauh terkait karya seni yang dibandingkan dengan wajah, pengguna dapat mengatur gambar untuk menemukan lebih banyak informasi terkait serta pelukisnya. [SN/HBS]

Sumber: Techcrunch

1 KOMENTAR

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here