telset

Host Clubhouse Bisa Rekam Obrolan untuk Dijadikan Podcast

Telset.id, Jakarta – Layaknya aplikasi video conference seperti Zoom, host Clubhouse pun kini diizinkan untuk merekam percakapan di room. Melalui fitur bernama Replays, host Clubhouse dapat rekam percakapan dengan cara yang mudah sebagai keperluan dokumentasi atau dijadikan materi podcast.

Selama ini Clubhouse dikenal sebagai aplikasi obrolan suara yang tidak menghadirkan fitur rekaman saat diskusi di room. Oleh karenanya, hanya host, pembicara, dan pendengar di room saja yang bisa mengetahui isi dari diskusi.

Dilansir Telset dari Engadget pada Selasa (9/11/2021), fitur Replays di Clubhouse sudah tersedia di Android maupun iOS.

Baca juga: Clubhouse Hapus Informasi Akun Pengguna di Afghanistan

Kehadirannya memungkinkan kreator konten selaku host Clubhouse dapat rekam percakapan untuk dijadikan podcast maupun konten audio lainnya.  

“Replays ada di sini dan itu lebih dari sekadar rekaman. Kreator dapat mengunduh audio, dan saat Anda mendengarkan di Clubhouse, Anda akan melihat semua dinamika panggung, PTR, dan melompat dari speaker ke speaker. Sekarang tersedia di iOS & Android,” Tweet @Clubhouse. 

Nantinya, konten yang direkam melalui fitur Replays dapat disimpan ke dalam profil Clubhouse milik host. Di sana, rekaman tersebut bisa didengar oleh siapapun dan host pun bisa melihat siapa saja yang menikmati percakapan tersebut.

Pengguna lain yang mendengar bisa melompati rekaman untuk mendengarkan pembicara tertentu saja atau sekadar menjeda rekaman. Rekaman pun bisa dipercepat 1,5 hingga 2 kali lebih cepat agar lebih efektif.

Untuk menjangkau lebih banyak pendengar, host dapat mengunduh materi rekaman lalu mengunggahnya ke Spotify untuk dijadikan podcast. 

Baca juga: Facebook Luncurkan Pesaing Clubhouse, Namanya Live Audio Rooms

Replays adalah fitur yang bagus bagi mereka yang tidak punya waktu untuk menonton acara audio secara langsung. Selain itu, kemungkinan kehadiran Replays ini adalah usaha Clubhouse untuk bersaing dengan Twitter Spaces dan Facebook Live Audio Rooms.

Meski demikian, tetap saja konsep fitur Replays di Clubhouse bukanlah sesuatu yang baru, karena fitur ini mirip dengan fitur di Zoom dan Instagram Live, di mana penguna bisa merekam hasil diskusi virtual untuk disaksikan nanti. (NM/MF)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

RELATED ARTICLES

- Advertisement -

Latest Articles

- Advertisement -

Your compare list

Compare
REMOVE ALL
COMPARE
0