Google Bawa Fitur Hapus History Pencarian 15 Menit untuk Android

Telset.id, Jakarta – HP Android kedatangan fitur hapus history pencarian dalam 15 menit terakhir ke aplikasi Google Chrome. Fitur ini akhirnya dihadirkan Google setelah perangkat berbasis iOS mendapatkannya duluan pada tahun lalu.

Hapus history pencarian dalam 15 menit di Google Chrome akan dirilis secara bertahan ke perangkat Android dalam beberapa minggu ke depan.

“Kami sedang menggulirkan fitur baru ini pada aplikasi Google untuk Android. Setiap orang bisa menggunakannya dalam beberapa pekan ke depan,” ujar Juru bicara Google Ned Adriance seperti dikutip Telset dari The Verge, Senin (21/3/2022).

Ia menjelaskan, fitur ini bersifat otomatis. Maksudnya jika sudah diaktifkan maka secara otomatis fitur akan menghapus riwayat pencarian setiap 15 menit sekali.

Baca juga: Google I/O 2022 Digelar Hybrid

Untuk mengaktifkannya silahkan buka aplikasi Google di HP Android, lalu buka bagian foto profil, pilih Browsing History dan cari opsi Delete last 15 min.

Fitur hapus riwayat pencarian 15 menit ini sudah diperkenalkan di acara Google I/O 2021 dan dirilis ke pengguna iOS setelahnya pada Juli 2021. Butuh waktu sangat lama sampai akhirnya Google membawa fitur hapus history dalam 15 menit untuk HP Android.

Lantas apakah fitur hanya hadir di Android dan iOS saja? Belum ada informasi lebih lanjut terkait apakah Google berencana untuk membawa fitur hapus riwayat ini ke desktop atau pengguna PC/laptop.

Ned Adriance hanya menuturkan kalau Google juga menawarkan fitur yang mampu menghapus riwayat pencarian secara otomatis dalam 3, 18, atau 36 bulan terakhir.

“Kami terus mencari cara untuk menghadirkan fitur bermanfaat ini ke permukaan lain,” tambah Ned.

Baca juga: Google Akuisisi Mandiant Senilai Rp 77,5 Triliun

Oke, buat Anda pengguna Android mulai sekarang bisa mengecek aplikasi Google untuk memastikan apakah fitur sudah tersedia atau belum.

Jika sudah, Anda bisa mengaktifkannya supaya tidak perlu repot-repot menghapus riwayat pencarian secara manual dan privasi bisa lebih terjaga. Apabila belum mohon bersabar karena fitur digulirkan secara bertahap. (NM/MF)

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini

RELATED ARTICLES

Latest Articles

- Advertisement -

Your compare list

Compare
REMOVE ALL
COMPARE
0