telset

Gunakan AI, Peneliti Cari Cara Deteksi Depresi di Instagram

Telset.id, Jakarta – Sosial media belakangan ini sering digunakan oleh para penggunanya untuk mengekspresikan perasaannya. Melihat fakta tersebut, sekelompok peneliti berusaha mendeteksi gejala depresi dari postingan yang diunggah oleh penggunanya.

Untuk melakukan pengetesan pendeteksian gejala tersebut, para peneliti yang berasal dari University of Vermont, Amerika menggunakan sebuah mesin pembelajaran yang dibekali Artificial Intelligence (AI) kepada 166 partisipan pemilik akun Instagram.

Dari keseluruhan partisipan, para peneliti berhasil mengambil sampel sebanyak 43.950, yang berupa gambar. AI dalam mesin pembelajaran tersebut membandingkan gambar sampel dengan prediksi yang telah dimasukkan oleh para peneliti.

“Dokter tidak memiliki kemampuan melihat kehidupan kita secara mendalam seperti halnya ponsel pintar kita. Ponsel pintar tahu lebih banyak tentang kita daripada yang kita ketahui tentang diri kita sendiri,” ujar salah satu peneliti, Chris Danforth seperti dikutip dari laman Mashable.

Hasil dari penelitian ini adalah pengguna yang memasang gambar menggunakan filter Instagram bernuansa biru, lebih gelap, dan lebih berwarna abu-abu cenderung menunjukkan gejala depresi. Sedangkan mereka yang tidak menggunakan filter Instagram, gejala depresi diekspresikan dengan menggunakan gambar monochrome.

Di sisi lain, mereka yang menggunakan filter yang lebih ceria dan berwarna, seperti filter Valencia yang ada di Instagtam, menunjukkan mereka dalam keadaan yang sangat baik.

Namun untuk saat ini, para peneliti mengaku bahwa sistem ini masih harus disempurnakan lebih jauh lagi. Kedepannya, mereka berharap dapat menemukan cara untuk mendeteksi seseorang yang memiliki tingkat depresi yang tinggi dan cenderung akan melakukan tindakan bunuh diri.

[Baca Juga : Duh! Instagram Jadi Pilihan Favorit Pelaku Cyberbully]

Sebagai mana diketahui, Instagram merupakan salah satu media sosial dengan tingkat cyber bully paling tinggi dibandingkan dengan media sosial lainnya. Mulai dari anak muda hingga orang dewasa mendapatkan perlakuan tersebut di Instagram. [NC/MS]

SourceMashable

1 KOMENTAR

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

RELATED ARTICLES

- Advertisement -

Latest Articles

- Advertisement -

Your compare list

Compare
REMOVE ALL
COMPARE
0