Gunakan AI, Google Percantik Tampilan Street View

Telset.id, Jakarta – Nampaknya Google mulai semakin banyak memanfaatkan teknologi Artificial Intelligence (AI) untuk layanan mereka. Jika sebelumnya Google menggunakan AI untuk mencari aplikasi yang terinfeksi malware di Play Store, kini raksasa mesin pencarian ini memanfaatkan AI untuk mempercantik tampilan Street View.

Artificial Intelligence memang diyakini menjadi teknologi masa depan. Tak heran jika banyak perusahaan teknologi yang kini mulai mengembangkannya. Google menjadi salah satu perusahaan yang diketahui tengah getol mengadopsi teknologi AI di sejumlah layanan mereka.

[Baca juga: Google Gunakan AI untuk Temukan Malware di Play Store]

Yang paling anyar, Google dilaporkan menggunakan AI untuk ‘bermain-main’ dengan foto di layanan pemetaannya, Street View. Foto-foto tersebut nantinya akan di sematkan ke Street View untuk lebih mempercantik tampilan gambar di aplikasi tersebut.

Hui Fang, seorang insinyur perangkat lunak di tim Google Machine Perception mengatakan proyek ini menggunakan teknik pembelajaran mesin untuk melatih jaringan syaraf yang dapat memindai ribuan gambar Street View di California. Dengan begitu, mereka dapat melakukan pengambilan gambar dengan potensi pemandangan yang mengesankan.

Google mengajarkan AI untuk dapat dengan cepat dan efisien untuk mengidentifikasi apa yang paling penting dalam sebuah elemen fotografi, dengan menggunakan apa yang dikenal sebagai generative adversarial network.

Seperti dirangkum dari laman The Verge, teknik ini relatif baru dan memiliki perkembangan menjanjikan dalam penelitian AI yang mengkombinasi dua jaringan saraf, dan menggunakan hasilnya untuk memperbaiki keseluruhan sistem.

[Baca juga: DoNotPay, AI Pertama yang Bisa Jadi Pengacara]

Secara tidak langsung, Google kini memiliki sebuah “foto editor” otomatis. Tentunya, para pengguna akan lebih dapat menikmati aplikasi Street View, karena hasil gambar yang ditampilkan jauh lebih indah dari sebelumnya. [NC/HBS]

SourceThe Verge

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini

RELATED ARTICLES

Latest Articles

- Advertisement -

Your compare list

Compare
REMOVE ALL
COMPARE
0