Google Tambahkan Fitur “Smart Reply” untuk Hangouts

Telset.id, Jakarta – Ada fitur terbaru di layanan Hangouts. Kabarnya, raksasa mesin pencarian itu memberikan fitur “Smart Reply”, yang lebih memudahkan pengguna dalam berkomunikasi dengan teman atau keluarga mereka di layanan berbagi pesan buatan Google itu.

Dilansir Telset.id dari Engadget, Sabtu (08/12/2018), layanan tersebut akan memudahkan pengguna dalam membalas pesan.

Fitur Smart Reply di aplikasi Hangouts ini memberikan 3 opsi balasan yang dapat dipilih, diedit dan dikirim.

Fitur ini sendiri mungkinkan penggunanya untuk mendapatkan saran kata-kata untuk membalas pesan yang mereka terima, sehingga berguna bagi yang kesulitan untuk memilih kata ketika membalas pesan ataupun harus membalas pesan secara cepat.

{Baca juga: Google Bantah akan Tutup Aplikasi Hangouts}

Google mengatakan fitur ini didukung oleh mesin pembelajaran serupa dengan apa yang ada di balik Gmail Smart Reply. Selain itu, langkah itu adalah bagian dari upaya yang lebih besar untuk membawa alat semacam ini ke semua G Suite.

Pada awal tahun ini Google mengumumkan bahwa mereka berencana untuk membawa fitur tersebut ke lebih banyak aplikasi obrolan.

Fitur Smart Reply ini akan diluncurkan ke pengguna Obrolan Hangouts selama beberapa hari ke depan dan saat ini hanya tersedia dalam bahasa Inggris.

Kabar soal keinginan Google untuk memberikan fitur Smart Reply ke berbagai aplikasi telah muncul sejak Februari lalu. Ketika itu Google dikabarkan akan membawa fitur Smart Reply pada berbagai aplikasi chatting, tidak hanya untuk aplikasi yang dibuat oleh Google saja.

{Baca juga: Google Bikin Smart Reply untuk Aplikasi Chatting?}

Seperti diketahui, Smart Reply sendiri muncul pertama kali di layanan Inbox. Setelah itu, Google membawa fitur tersebut di berbagai aplikasinya seperti Gmail, Android Messages di perangkat Project Fi dan Google Allo.

Internal Google yang tergabung pada Area 120 menginginkan untuk membawa Smart reply di aplikasi chatting lainnya. Misalnya saja WhatsApp, Facebook Messenger, Twitter, Skype, dan lainnya.

Baru-baru ini, Google dilaporkan akan tutup aplikasi Hangouts pada 2020. Namun, laporan tersebut langsung dibantah oleh Google Real Time Communications Product Lead, Scott Johnston.

Melalui unggahan via Twitter, Johnston mengumumkan bahwa Google belum akan menghentikan operasional aplikasi Hangouts. Akan tetapi, pengguna Hangouts akan diajak pindah ke layanan lainnya, yakni Hangouts Chat dan Hangouts Meet. [NM/HBS]

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here