Siapkan Aplikasi Baru, Google akan Tutup Hangouts?

Telset.id, Jakarta  – Google kabarnya akan menghentikan operasional aplikasi Google Hangouts pada 2020. Namun begitu, menurut informasi yang beredar, aplikasi tersebut bakal tetap tersedia untuk para pengguna bisnis.

Dikutip Telset.id dari 9to5Google, Minggu (2/12/2018), Google berencana menghentikan operasional aplikasi Hangouts pada 2020 karena tengah mengembangkan Rich Communication Services atau RCS.

Google berencana menjadikan RCS sebagai standar layanan pesan untuk ekosistem perangkat Android. Google juga berjanji memberi opsi layanan pesan lain sebagai pengganti Hangouts kepada para konsumen.

Nantinya, aplikasi Hangouts tetap dapat digunakan oleh para pelanggan bisnis sebagai bagian dari paket G Suite. Asal tahu saja, paket tersebut bakal terdiri atas dua pilihan, yaitu Hangouts Chat dan Hangouts Meet.

Kabar menyebut, Google telah memberi indikasi terkait penghentian operasional  aplikasi Hangouts setelah mengumumkan fitur RCS Chat. Fitur baru itu kemungkinan akan terintegrasi dalam layanan Android Messages.

Penghentian operasional aplikasi Hangouts juga disebut selaras dengan semakin banyak operator yang mulai menambahkan dukungan untuk pesan RCS. Dengan demikian, layanan pesan Google tersebut tidak lagi relevan.

Sebelumnya, Google resmi mengubah merek penyedia layanan komunikasi seluler karyanya, Project Fi, menjadi Google Fi. Google juga mengumumkan jaringannya kini mendukung iPhone dan sebagian besar perangkat Android.

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini

ARTIKEL TERKAIT

REKOMENDASI
ARTIKEL TEKINI
HARGA DAN SPESIFIKASI