Google Photos Punya Fitur-fitur Baru dengan AI, Apa Saja?

Google Photos

Telset.id, Jakarta – Google dilaporkan akan meluncurkan pembaruan untuk layanan Google Photos. Lewat pembaruan tersebut, nantinya Google Photos bakal memiliki fitur-fitur baru yang dapat dimanfaatkan oleh para penggunanya.

Beberapa fitur yang bakal diberikan diantaranya adalah adanya ikon berbentuk bintang yang terletak di kanan atas tiap foto yang ditampilkan untuk dapat menandainya sebagai foto-foto favorit.

Dikutip dari The Verge, selain adanya ikon bintang untuk menandai foto-foto favorit, Google Photos juga akan punya ikon lain berupa gambar hati. Fungsinya nyaris sama seperti yang diterapkan di Instagram, yakni untuk menyukai foto yang terdapat di album.

Google juga tak lupa meningkatkan kemampuan Google Photos dengan menambahkan teknologi berbasis Artificial Intelligence (AI) yang berfungsi untuk meningkatkan kualitas foto dengan mewarnai gambar lama.

Teknologi ini bernama Color Pop yang secara otomatis mengubah warna latar belakang foto menjadi hitam dan putih. Meski demikian, warna objek utama yang teridentifikasi oleh sistem tidak berubah. Sehingga akan menghasilkan foto dengan warna berkesan pop.

Baca Juga: Dilengkapi Teknologi AI, Color Pop Sambangi Google Photos

Selain Color Pop, Google Photos juga punya fitur lain yang bisa menyulap foto usang menjadi kekinian. Lewat fitur itu, Google Photos akan menyulap foto hitam putih menjadi berwarna berkat penggunaan teknologi AI.

Menurut CEO Google, Sundar Pichai, setiap cara yang dilakukan oleh AI pada Google Photos, berfungsi untuk meningkatkan kualitas layanan tersebut yang berdampak pada bertambahnya kenyamanan para penggunanya.

“Selain fitur untuk mengolah foto, kami pun menghadirkan Smart Actions yang dirancang untuk membuat dokumen pemindaian dan mengirim gambar secara lebih efektif dan efisien,” ujar Pichai saat konferensi Google I/O.

Ke depannya, Google berjanji akan terus menghadirkan fitur-fitur baru untuk layanannya yang telah disematkan teknologi AI. Selain itu, raksasa pencarian inipun juga bakal menghadirkan perangkat AI terbaru untuk mempermudah pengguna dalam beraktivitas. (BA/FHP)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here