Google Maps akan Beri Peringatan Rute Rawan Corona

Google Maps Pembatasan Perjalanan

Telset.id, Jakarta  – Google menambahkan fitur baru di layanan Google Maps untuk mengingatkan pengguna tentang pembatasan perjalanan saat akan melewati rute rawan Corona. Tujuannya untuk membantu pengguna merencanakan perjalanan.

Fitur pembatasan perjalanan rawan corona di Google Maps ini akan memungkinkan pengguna untuk memeriksa seberapa ramai stasiun kereta api pada waktu tertentu. Atau, pengguna bisa mengecek, apakah bus rute tertentu menerapkan jadwal terbatas.

{Baca juga: Google Maps Berikan Simbol Banjir di Peta Jakarta}

Seperti dikutip Telset.id dari New York Post, Selasa (9/6/2020), peringatan transit di Google Maps akan rilis di Argentina, Prancis, India, Belanda, AS, dan Inggris. Ke depan, Google bakal menghadirkannya di negara lain.

Fitur pembatasan perjalanan tersebut juga akan mencakup rincian tentang pos pemeriksaan Covid-19 dan pembatasan untuk melintasi batas negara. Pos-pos pemeriksaan serta pembatasan melintasi negara mencakup wilayah Kanada, Meksiko, dan AS.

Dalam beberapa bulan terakhir, perusahaan telah menganalisis data lokasi dari miliaran perangkat seluler pengguna Google di 131 negara untuk memeriksa mobilitas di bawah kebijakan penguncian pada masa pandemi virus corona.

Tak cukup, Google juga membantu otoritas kesehatan untuk mencermati secara akurat apakah orang-orang sudah patuh dengan peraturan jarak sosial dan perintah lain yang dikeluarkan guna mengendalikan virus corona.

Sekadar informasi, Google telah menginvestasikan dana miliaran dolar AS dari bisnis iklan pencarian untuk memetakan dunia secara digital. Google menarik rata-rata satu miliar pengguna setiap bulan ke aplikasi navigasi gratisnya.

Sebelumnya, Google Maps juga melakukan pembaruan fitur. Pembaruan tersebut memungkinkan pengguna untuk berbagi informasi lokasi dengan menggunakan “kode” atau Code Plus dalam bentuk 6 atau 7 digit huruf dan angka.

Sebenarnya fitur kode ini sudah ada di Google Maps sejak tahun 2015. Namun saat ini Google menghadirkannya kembali di pembaruan terbaru dengan tujuan untuk memperluas penggunaan fitur tersebut.

{Baca juga: Berbagi Lokasi di Google Maps Kini Bisa Pakai “Kode”}

Cara menghadirkan Code Plus sangat mudah. Anda cukup mengetuk titik biru yang mewakili lokasi Anda saat ini dan akan muncul Code Plus di bagian tengah. Misalnya akan muncul tulisan “MQXV+MH Nairobi, Kenya”.

Kombinasi Angka tersebut adalah Code plus lokasi dan untuk menyalinnya cukup dengan menekan satu kali dan bagikan kode tersebut ke rekan atau teman Anda.

Nantinya untuk mencari lokasi yang dituju, rekan atau teman Anda cukup menyalin kode tersebut di kolom pencarian Google Maps. [SN/HBS]

 

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here