Google Hapus Iklan Penipuan di Pencarian

Telset.id, Jakarta – Penipuan bermodus pura-pura menjadi technical support tengah marak di internet. Untuk menguranginya, Google akan memastikan bahwa para penipu tidak akan bisa menampilkan iklan di mesin pencarian.

Google telah mulai membatasi iklan dukungan teknis secara global. Mereka juga berencana memperkenalkan sistem verifikasi dalam beberapa bulan ke depan.

Memang, upaya itu tidak menjamin iklan dari dukungan teknis palsu akan benar-benar hilang. Namun, Director of Global Product Policy Google, David Graff, mencoba menjelaskannya kepada Engadget, Senin (3/9/2018).

Baca juga: Google akan Bikin Mesin Pencarian untuk China

“Dalam waktu beberapa bulan, kami akan merilis program verifikasi untuk memastikan bahwa hanya penyedia dari dukungan teknis pihak ketiga asli yang bisa menjangkau konsumen di Google,” jelasnya.

Google menyatakan telah menghapus 3,2 juta iklan palsu dengan berbagai tipe pada tahun lalu. Satu iklan penipuan yang pernah ditemukan oleh Google adalah iklan pusat rehabilitasi.

Google merasa membuat sistem verifikasi untuk layanan technical support adalah langkah berikutnya yang harus diambil. Google akan menyaring para pengiklan palsu mengingat sekarang semakin sulit untuk membedakan penyedia dukungan teknis yang sebenarnya dengan yang imitasi.

Baca juga: 5 Cara Terhindar dari Ekstensi Chrome yang Berbahaya

Keputusan ini diambil oleh Google setelah Wall Street Journal melaporkan tentang keberadaan iklan layanan technical support palsu. Satu di antaranya berpura-pura menjadi layanan asli dari Apple dan mengarahkan pelanggan ke nomor telepon palsu. [SN/HBS]

Sumber: Engadget

Previous articleWow! Jepang akan Bangun Lift ke Luar Angkasa
Next articleChina Blokir Situs Penyiaran ABC, Ini Alasannya

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here