Giliran Google Now Launcher Dimatikan Google?

Google Now Launcher dimatikan

Telset.id, Jakarta – Google dilaporkan berencana untuk “mematikan” salah satu aplikasinya yang cukup populer di kalangan pengguna Android yakni Google Now Launcher. Hal tersebut terungkap setelah Google mengubah kompabilitas aplikasi, yang membuatnya tak lagi bisa di-install.

Seperti diketahui, Google Now Launcher terkenal dengan User Interface (UI) yang sederhana. Lewat aplikasi itu, smartphone Android dapat memiliki UI yang hampir serupa dengan Google Pixel.

Dilansir dari phoneArena, perubahan aturan kompabilitas tersebut membuat smartphone yang sebelumnya dapat meng-install Google Now Launcher, tak dapat lagi memasang launcher tersebut. Google Play Store tidak lagi menampilkan tombol Install, melainkan notifikasi “You’re device isn’t compatible with this version”.

Meski begitu, bagi pengguna yang sebelumnya sudah memasang launcher ini pada smartphone-nya, mereka masih dapat menggunakannya seperti biasa.

Baca Juga: Google Campakkan Google Allo, Kenapa?

Raksasa pencarian ini mungkin sedang melakukan evaluasi terhadap aplikasi-aplikasinya, apakah pantas dipertahankan atau lebih baik digantikan. Sebab, sebelum Google Now Launcher, Google juga sudah memutuskan untuk menghentikan pengembangan Google Allo dan menggantukan Google Play Music dengan YouTube Remix.

Baca Juga: Google Play Music jadi Tumbal Peluncuran YouTube Remix?

Hingga kini masih belum ada kejelasan apakah Google benar-benar akan mematikan Google Now Launcher atau tidak. Namun jika hal itu benar-benar terjadi, bisa saja Google akan menggantikannya dengan Pixel Launcher yang sampai sekarang hanya bisa digunakan oleh perangkat Google Pixel dan Nexus. (FHP)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here