Telset.id, Jakarta – Tidak hanya menyediakan platform yang nyaman bagi pembeli, Tokopedia juga menghadirkan layanan yang memudahkan penjual lewat beragam fitur yang ada di aplikasi Tokopedia Seller.
Di tengah pandemi seperti sekarang ini, jual beli online menjadi salah satu solusi untuk menjaga stabilitas ekonomi dan keberlangsungan bisnis.
Untuk mendukung keberlangsungan bisnis para penjual online, Tokopedia menyediakan sejumlah fitur pada Tokopedia Seller yang bisa dimanfaatkan penjual agar barang dagangannya laris manis.
Baca Juga: 5 Tren Belanja Tokopedia 2021
Head of Engineering Tokopedia, Rico Harisin, membagikan lima fitur yang ada di aplikasi Tokopedia Seller yang bisa dimanfaatkan para pegiat usaha lokal, khususnya UMKM, dalam mengembangkan bisnis di tahun 2022. Fitur apa saja?
Fitur Tokopedia Seller
Tombol ‘Balas’ Permudah Balas Pesanan
Hanya dengan menekan tombol ‘Balas’ yang muncul di notifikasi, tanpa membuka aplikasi Tokopedia, penjual bisa membalas pesan dari pembeli dengan cepat.
Rico menambahkan bahwa kecepatan membalas pesan menjadi salah satu parameter untuk mengukur skor performa toko penjual.
Baca Juga: Tokopedia Dinobatkan Sebagai E-commerce Terbaik 2021
“Semakin tinggi skor toko, penjual bisa mendapatkan lebih banyak keuntungan, seperti bonus eksklusif, akses mencoba fitur baru hingga kesempatan spesial mengikuti beragam kampanye supaya jualan semakin laris manis,” jelas Rico,
Koneksi Hilang? Tidak Perlu Tulis Deskripsi Ulang
Aplikasi Tokopedia akan secara otomatis menyimpan informasi terakhir saat penjual menambahkan produk, seperti deskripsi atau foto produk yang ingin dijual.
“Jadi jika ada kendala koneksi, penjual tidak perlu repot memasukkan informasi ulang,” kata Rico.
Cetak Label Pengiriman dengan Mudah
Penjual di Tokopedia juga bisa menggunakan fitur ‘Print Shipping Label’ untuk mencetak label alamat pengiriman langsung melalui aplikasi, tanpa harus membuka komputer.
Fitur ‘Wawasan Pasar’ di Tokopedia
Melalui fitur ini, penjual bisa mendapat berbagai informasi yang dibutuhkan untuk mengembangkan bisnis.
Baca Juga: Tokopedia Hadirkan Fitur Voice Over
“Fitur ini memungkinkan penjual melihat kata kunci yang paling sering digunakan pembeli, produk terlaris, rekomendasi kategori sampai inspirasi tren produk sehingga dapat menghadirkan inovasi yang relevan dan strategi promosi yang lebih efektif serta efisien,” tambah Rico.
Voucher Toko
Voucher Toko adalah sebuah fitur gratis dari Tokopedia dimana penjual dapat membuat promonya sendiri.
“Dengan fitur ini, penjual bisa dengan bebas menentukan periode, anggaran dan jenis promo yang diinginkan supaya bisa menggaet lebih banyak pembeli,” jelas Rico. (HR/IF)