Migrasi Chat WhatsApp ke Nomor Berbeda Bakal Lebih Mudah

Telset.id, Jakarta – Migrasi riwayat chat WhatsApp dari Android ke iOS ataupun sebaliknya sangat sulit dilakukan, belum lagi ke nomor yang berbeda. Namun, kesulitan tersebut bakal teratasi karena WhatsApp sedang menyiapkan solusinya.

Dilaporkan oleh WABetaInfo, WhatsApp tengah mengembangkan cara yang memungkinkan pengguna untuk migrasi chat tidak hanya lintas platform Android dan iOS saja, tapi juga memindahkan percakapan ke nomor lainnya.

Dalam tangkapan layar yang dibagikan WABetaInfo, ada opsi “Transfer to a different phone number?” atau transfer riyawat pesan ke nomor lainnya.

Saat opsi tersebut dipilih pengguna, mungkin akan ada beberapa proses selanjutnya yang memungkinkan pengguna untuk memindahkan riwayat percakapan ke nomor dan platform yang berbeda.

{Baca juga: Viral! Telegram dan WhatsApp Saling Sindir di Twitter}

Hanya saja, ada beberapa kondisi yang perlu diperhatikan. Dilansir Telset pada Sabtu (22/5/2021), pengguna tidak dapat memindahkan riwayat obrolan kapan saja. Pengguna hanya dapat memulai proses ini jika mereka ingin menghubungkan ponsel terbaru ke akun WhatsApp.

Lalu, migrasi chat juga termasuk media yang sempat dikirim atau diterima sebelumnya. Sementara untuk pemindahan chat WhatsApp ke nomor berbeda, mungkin akan diaplikasikan sebelum pengguna memindahkan riwayat obrolan mereka.

Fitur Migrasi Chat WhatsApp yang Baru Sangat Berguna

Migrasi Chat WhatsApp

Kemampuan ini tentu sangat berguna bagi orang yang berencana mengubah nomor telepon mereka. Apalagi, bagi pengguna yang ingin memindahkan percakapan dari Android ke iOS atau sebaliknya.

Sebab, WhatsApp sampai sekarang belum memberikan dukungan kepada pengguna untuk migrasi riwayat chat dari ponsel Android ke iOS ataupun sebaliknya.

Seperti diketahui, saat pengguna ingin memulihkan riwayat obrolan setelah menginstall ulang WhatsApp di ponsel baru, mereka harus memiliki file backup yang tersimpan di memori internal atau layanan Google Drive.

{Baca juga: Kebijakan Baru WhatsApp Resmi Berlaku, Apa yang Akan Terjadi?}

Untuk memulihkannya, nomor telepon dan sistem operasi ponsel pun wajib sama. Migrasi chat WhatsApp di Android hanya dapat dilakukan sesama Android, demikian juga dengan iOS.

Hingga kini, belum diketahui kapan WhatsApp akan merilis fitur yang amat berguna itu. Namun melihat screenshot-nya yang telah bocor, bisa saja fitur ini akan diluncurkan tak lama lagi. (MF)

Related Articles

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

- Advertisement -

Latest Articles

- Advertisement -