Diciptakan Khusus, iPadOS 14 Hadir dengan Beragam Fitur Baru

Telset.id, Jakarta – Sistem operasi iPadOS 14 resmi hadir di acara Apple WWDC 2020 yang digelar secara online. iPadOS 14 dirancang khusus untuk iPad, dan diklaim akan bekerja dengan lebih optimal berkat beragam fitur di dalamnya.

Seperti dilansir Telset.id dari The Verge, Selasa (23/06/2020), banyak desain dari aplikasi Apple yang telah mendapat pembaruan.

Ini membuat tampilannya menjadi lebih segar dan juga peningkatan pada beberapa fitur iPadOS 14 yang semakin memudahkan pengguna.

Bagian widget telah didesain ulang dan ditambah fitur Smart Stack of Widget. Fitur pintar tersebut memungkinkan perangkat untuk memunculkan widget berdasarkan beberapa faktor, seperti waktu, lokasi, dan aktivitas pengguna.

{Baca Juga: Deretan Seri iPad yang Kebagian Update iPadOS 14}

Pada update iPadOS 14 ini, Apple menghadirkan fitur pencarian terbaru yang disebut Universal Search. Fitur pencarian tersebut dapat digunakan untuk mencari aplikasi, menemukan kontak atau dokumen, atau bahkan melakukan pencarian dalam aplikasi yang mendukung fitur tersebut.

Pembaruan sistem operasi ini mendukung tulisan tangan dengan Apple Pencil yang jauh lebih baik. Hadir fitur bernama Sribble yang dapat mengubah tulisan tangan menjadi bentuk teks rapi.

{Baca Juga: Serangkaian Fitur Baru di watchOS 7, Ada Fitur ‘Sleep Tracking’}

Menariknya lagi, aplikasi seperti Apple Notes juga sudah dapat melakukan pencarian huruf berdasarkan dari tulisan tangan pengguna. Seolah-olah huruf tersebut telah diketik terlebih dahulu menggunakan perangkat iPad.

Selain itu, pengguna kini juga dapat mengatur email dan aplikasi browser yang akan digunakan sebagai aplikasi default. Sebelumnya pengguna hanya bisa menggunakan Mail sebagai aplikasi email, dan Safari sebagai browser default.

{Baca Juga: Mac Terbaru dengan Apple Silicon Dirilis Akhir 2020}

Pada gelaran WWDC tahun lalu sebenarnya Apple telah mengumumkan rencana mereka untuk memisahkan sistem operasi iPad dengan iPhone. Perangkat iPad nantinya tidak akan lagi menggunakan iOS, maka dari itu mereka menciptakan branding iPadOS.

Developer preview dari iPadOS 14 telah tersedia untuk anggota Apple Developer Program. Sementara public beta dijadwalkan akan dilakukan pada bulan Juli. Kemungkinan versi finalnya baru akan tersedia pada musim gugur, atau sekitar bulan September mendatang. (HR/MF)

Related Articles

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

- Advertisement -

Latest Articles

- Advertisement -