Serangkaian Fitur Baru di watchOS 7, Ada Fitur ‘Sleep Tracking’

Apple WWDC 2020

fitur watchOS 7

Telset.id, Jakarta – Apple mengumumkan banyak hal di acara WWDC 2020 yang digelar secara online untuk pertama kalinya. Salah satu yang diumumkan adalah hadirnya sistem terbaru untuk Apple Watch, yakni watchOS 7 yang menawarkan sejumlah fitur baru.

watchOS 7 memiliki fitur sleep tracking, mirip seperti smartwatch dari merek lain yang sudah beredar sebelumnya. Fitur ini memungkinkan Apple Watch untuk memantau kualitas tidur pengguna, dan menyajikannya dalam informasi berbentuk chart pada aplikasi di iPhone.

Ada beberapa mode di sini. Salah satu di antaranya adalah Wind Down. Mode ini memungkinkan pengguna membuat rutinitas pra-tidur yang dapat disesuaikan di Apple Watch dan iPhone. Misalnya, memutar musik yang menenangkan sebelum tidur.

{Baca juga: Lagi, Apple Watch Berhasil Selamatkan Nyawa Petani 92 Tahun}

Fitur watchOS 7

Kemudian, ada Sleep Mode. Apple Watch secara otomatis akan masuk ke mode DND atau Do Not Disturb ketika Sleep Mode diaktifkan. Juga, layar akan diturunkan intensitas cahayanya secara otomatis.

Sleep Mode pun dapat membantu pengguna bangun tidur dengan nyaman. Apple Watch yang sudah berjalan di watchOS 7 akan memutar suara lembut atau membuat getaran haptic agar pengguna bangun tidur.

Ada fitur menarik di watchOS 7. Mengutip dari 9to5Mac, Selasa (23/06/2020), Apple menghadirkan Handwashing Detection. Yup! Budaya cuci tangan sekarang menjadi tren selama pandemi Covid-19 ini. Cuci tangan sampai bersih adalah salah satu pencegahan awal terhadap virus yang sudah menyebar secara global tersebut.

Ketika Apple Watch mendeteksi pengguna sedang mencuci tangan, sistem akan memulai timer dalam waktu 20 detik. Apabila pengguna selesai lebih awal, Apple Watch akan meminta mereka untuk melanjutkan sampai selesai.

{Baca juga: [VIDEO] Water Lock, Fitur yang Bikin Apple Watch Bisa “Meludah”}

watchOS 7 juga akan mengingatkan pengguna untuk mencuci tangan dan bersih-bersih begitu tiba di rumah. Selain itu, aplikasi Health pun akan mulai melacak rutinitas cuci tangan pengguna secara otomatis.

Tentu saja, ada fitur yang berkaitan dengan kebugaran di watchOS 7. Apple menghadirkan empat jenis latihan baru di sistem operasi ini, yakni Core Training, Dance, Functional Strength Training, dan Cooldown.

Dikombinasikan dengan fitur Fitness, pengguna bisa melihat berbagai informasi di sini. Misalnya, aktivitas mereka sehari-hari, olahraga yang dijalani, pencapaian, dan lainnya.

Fitur lainnya, watchOS 7 mengikuti rekomendasi dari WHO dalam hal pendengaran pengguna. Apple Watch yang berjalan di watchOS 7 akan melindungi telinga pengguna ketika mereka memasang headphone dengan suara yang keras, melebihi kebiasaan mereka.

{Baca juga: Spesifikasi dan Harga Hp Apple Terbaru}

Fitur watchOS 7

watchOS 7 juga akan menunjukkan tingkatan decibel yang bisa diterima telinga pengguna tiap minggu via aplikasi Health.

Yang menarik, ada fitur penunjuk arah bagi pengguna yang suka olahraga sepeda. Terintegrasi dengan Siri, Apple Watch mampu memberikan beberapa petunjuk kepada pengguna terkait lintasan, kecepatan, dan lainnya.

Apple sendiri akan merilis developer beta untuk watchOS 7 dalam beberapa hari ke depan. Untuk pertama kali, ada pula public beta yang tersedia dalam beberapa bulan. Sistem operasi ini bisa dipasang pada Apple Watch Series 3 ke atas. (MF)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here