Sudah Resmi Dirilis, Ini Fitur Baru Samsung One UI 5

Telset.id, Jakarta – Samsung sudah mulai menggulirkan One UI 5 versi stabil. Peluncuran perdana ini akan dimulai dengan seri Galaxy S22, atau setidaknya untuk ponsel yang didukung chipset Exynos.

Selain Galaxy S22, masih ada daftar panjang ponsel Galaxy yang mendapatkan update melalui program beta, untuk mengatasi bug sebelum pengguna mendapatkan versi stabil.

Apa saja yang baru dari One UI 5? Untuk menjelaskannya, Samsung merlis video pendek berdurasi dua menit untuk menjelaskan tentang fitur baru apa saja yang dibawa antarmuka khusus ponsel Samsung itu.

Raksasa teknologi asal Korea Selatan itu menambahkan banyak fitur baru, baik otomatis maupun manual, untuk membuat ponsel dan smartwatch terlihat lebih keren seperti yang dinginkan pengguna.

Ada juga beberapa peningkatan praktis yang ditambahkan Samsung, seperti widget bertumpuk untuk menghemat ruang di layar beranda. Selain itu, untuk perangkat dengan layar yang lebih besar, seperti Galaxy Fold ada bilah tugas baru.

One UI 5 juga menggabungkan kontrol Privasi dan Keamanan menjadi satu layar dengan peringatan otomatis jika terjadi sesuatu yang mencurigakan.

BACA JUGA:

Nah, untuk lebih detailnya, berikut fitur terbaru One UI 5.0 yang dibawa dalam update antarmuka Samsung:

1. Personalisasi Layar Kunci

One UI 5 lockscreen

Kini para pengguna bisa membuat layar kunci berubah-ubah sesuai dengan urutan gambar yang dipilih, selain itu pengguna juga bisa menggunakan video sebagai layar kunci.

Jika Anda merasa malas memilih layar kunci, sistem juga memberikan pilihan sesuai yang anda inginkan seperti gambar hewan, pemandangan, tumbuhan dan sebagainya, Samsung menyebut fitur ini dengan sebutan Dynamic Lock Screen

2. Penyesuaian Warna Layar Kunci

Jika anda ingin tampilan beberapa aplikasi serasi dengan warna wallpaper biasanya pengguna harus mengganti tema ponsel mereka, dengan One UI 5 pengguna bisa menyesuaikan warna dari layar kunci ponsel. Selain itu, ada collor palette yang membantu pengguna menentukan gradasi warna sesuai layar kunci.

3. Watch Face Studio

Jika pengguna juga memiliki smartwatch dari Samsung, pengguna dapat mengkostumisasi tampilan dari smartwatch sesuai dengan keinginannya dan bisa juga menambahkan beberapa widget untuk bisa mengakses informasi lebih mudah dari perangkat jam tangan pintar.

One UI 5 widget

4. Stacked Widget

One UI 5 memungkinkan para pengguna bisa membuat widget bertumpuk. Jadi jika anda ingin melihat widget, pengguna cukup menggeser ke kanan atau kiri untuk melihat informasi dari widget yang dipilih. Hal ini membuat tampilan ponsel menjadi lebih rapi.

5. Kontrol Privasi dan Keamanan

Untuk meningkatkan privasi dan keamanan dari para pengguna One UI 5. Samsung menggabungkan panel privasi dan keamanan pada Pengaturan. Jadi secara otomatis pengguna dapat mengetahui apa kondisi privasi dan keamanan ponsel, mulai dari layar kunci yang aman hingga apakah sistem sudah diupdate menjadi yang terbaru.

One UI 5 Bixby

6. Bixby Text Call

Sekarang pengguna dapat mengubah teks menjadi suara ketika melakukan telepon dengan adanya fitur Bixby Text Call. Dengan adanya fitur ini tentu membuat para pengguna bisa lebih mudah melakukan panggilan telepon dengan segala kondisi, seperti di tengah keramaian atau di transportasi umum.

7. Multitask Taskbar

Fitur ini bisa membantu produktivitas para pengguna, karena pengguna sekarang bisa dengan mudah memulai atau membuka kembali beberapa aplikasi secara bersamaan dengan cepat karena adanya Multitask Taskbar.

Itu adalah beberapa fitur terbaru dari One UI 5 yang dibuat oleh Samsung. Untuk mengetahui pengalaman menggunakan fitur tersebut kalian bisa langsung melakukan update di ponsel Samsung kalian.

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini

RELATED ARTICLES

Latest Articles

- Advertisement -

Your compare list

Compare
REMOVE ALL
COMPARE
0