Resmi Diperkenalkan, Berikut Ini 8 Fitur Baru iOS 14

Apple WWDC 2020

Fitur baru iOS 14

Telset.id, Jakarta – Apple mengumumkan sistem operasi terbaru iOS 14 di acara WWDC 2020 yang digelar secara online. iOS 14 membawa berbagai fitur baru, dan juga peningkatan dibandingkan generasi sebelumnya.

Lalu, ada apa saja fitur baru dan peningkatan yang di tawarkan di iOS 14? Berikut ini tim Telset.id telah merangkumnya untuk Anda.

{Baca Juga: Apple Resmi Luncurkan iOS 14, Apa yang Baru?}

Home Screen

Fitur Baru iOS 14

Di iOS 14, Home Screen dapat menampilkan widget yang bisa disesuaikan untuk pekerjaan, perjalanan, olahraga, hiburan, dan bidang menarik lainnya.

Pada halaman akhir di bagian Home Screen, terdapat App Library, ruang baru yang secara otomatis dapat mengatur semua aplikasi pengguna menjadi satu tampilan sederhana. Pengguna akan lebih mudah mengatur smartphone, karena sistem dengan cerdas memunculkan aplikasi sesuai kebutuhan.

Pengguna dapat memilih berapa banyak halaman pada Home Screen untuk ditampilkan dan dengan mudah menyembunyikan halaman untuk akses lebih cepat ke perpustakaan Aplikasi.

 

PiP Panggilan Video

Kini, Apple meningkatkan fitur picture-in-picture atau PiP di iOS 14. Fitur ini telah mendukung panggilan video FaceTime.

Pengguna dapat melakukan panggilan video sambil membuka aplikasi lain, seperti misalnya WhatsApp, Browser, atau memutar video sekalipun.

{Baca juga: Mac Terbaru dengan Apple Silicon Dirilis Akhir 2020}

App Clip

Fitur Baru iOS 14

App Clip adalah fitur baru yang disematkan Apple di iOS 14. Dengan aplikasi ini, pengguna bisa dengan mudah mengakses aplikasi-aplikasi tertentu untuk pemakaian dengan waktu singkat.

Dengan App Clip, pengguna bisa mengunduh sebagian aplikasi “sebagian”, dan hanya mendapatkan sebagian fitur saja untuk digunakan.

Ini dapat berguna untuk aplikasi dengan pemakaian singkat dan sekali pakai yang diperlukan saat itu, namun bukan aplikasi yang ingin kita simpan di iPhone atau iPad untuk waktu yang lama.

Pengguna dapat masuk menggunakan akun Apple ID saat mengunduh aplikasi, dan tidak perlu membuat akun baru pada aplikasi tersebut jika untuk penggunaan yang singkat.

 

Pin Messages

Apple juga masih tetap meningkatkan pengalaman pengguna untuk fitur pesan singkat dengan menambahkan fitur baru Pin Messages.

Dengan fitur ini, pengguna bisa menempatkan percakapan pesan singkat dengan kontak tertentu, untuk tetap di bagian teratas dengan menggunakan fitur pin tersebut.

{Baca juga: Serangkaian Fitur Baru di watchOS 7, Ada Fitur ‘Sleep Tracking’}

Maps

Fitur Baru iOS 14

Apple tampak mendukung gerakan ramah lingkungan, dan dapat dilihat pada pembaruan di aplikasi Maps mereka. Tidak hanya mendukung navigasi untuk kendaraan bermotor, kini Maps juga memberikan petunjuk arah bagi para pengendara sepeda maupun kendaaraan listrik.

Berbeda dengan navigasi kendaraan bermotor, navigasi untuk para pesepeda akan mempertimbangkan ketinggian jalan, kepadatan trafik, dan juga kondisi jalan yang dapat dilalui dengan aman.

Dan untuk kendaraan listrik, rute yang ditampilkan akan melewati stasiun-stasiun pengisian daya, yang akan membuat pengendara tak perlu lagi merasa was-was jika kehabisan daya di jalan.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here