Fitur Baru Gboard Mudahkan Mengetik Satu Tangan  

Telset.id, Jakarta – Google kembali menghadirkan fitur baru di Gboard. Google menghadirkan Floating Keyboard yang membuat pengguna semakin nyaman dalam melakukan multitasking. atau mengetik satu tangan.

Google menambahkan fitur Floating Keyboard ke Gboard versi 7.6 dan mulai live pada 19 Oktober 2018. Pengguna bisa menemukan fitur baru dengan tapping ikon Gboard Google dan overflow menu.

Pengguna bisa mengaktifkan dan menonaktifkan floating keyboard. Namun, jika sering menggunakan floating keyboard, sebaiknya tambahkan kemampuan tersebut ke bar akses mudah Gboard.

Setelah floating keyboard diaktifkan, pengguna bisa menyeretnya di sekitar layar dan mengubah ukuran sesuai keinginan.  Untuk keluar dari mode, bisa dilakukan hampir sama seperti saat mengaktifkannya.

Floating keyboard sangat berguna untuk multitasking split-screen. Selain itu, Floating Keyboard juga mempermudah pengguna dalam mengetik one-handed. Sebab, ukuran keyboard bisa menjadi lebih kecil.

Menurut laporan Engadget, Selasa (23/10), Gboard bukan satu-satunya keyboard yang mengimplemetasikan fitur floating keyboard. Sebelum Gboard, ada SwiftKey yang mengimplementasikan fitur serupa.

Sebelumnya, Google telah menambahkan dukungan 16 bahasa baru ke Gboard untuk perangkat berbasis iOS dan Android. Dalam pembaruan tersebut, Gboard akan mendapat tambahan 16 bahasa baru.

Bahasa baru yang bakal terdapat di Gboard adalah Arab, Buryat (Mongolia), Buryat (Rusia), Cornish, Gondi (Dewanagari), Greek (Siprus), serta Hakka, Hausa (Ghana). Ada pula Khorasani Turki, Lower Sorbian, Mandeali, Mundari (Bengali), Portuguese (Makau), Shekhawati, Siberian Tatar, dan Talysh (Rusia). [BA/HBS]

Sumber: Engadget

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here