telset
spot_img

FB.GG, Portal Video Streaming Game dari Facebook

Telset.id,Jakarta – Facebook membuat kejutan buat para gamer dengan memperkenakan produk terbarunya, FB.GG, portal video streaming game milik Facebook yang didedikasikan untuk para gamer yang ingin menikmati streaming live video game.

Raksasa teknologi ini sedang mencoba menarik kembali beberapa anak muda yang meninggalkan jejaring sosial untuk aplikasi yang lebih keren, misalnya Instagram dan Snapchat. Namun, apakah benar situs web video game baru ini dibuat untuk menghentikan eksodus para penggunanya?

Memang tidak ada penegasa dari Facebook tentang hal tersebut. Namun, FB.GG jelas merupakan upaya dari raksasa jejaring sosial itu untuk menarik kembali beberapa anak muda yang melarikan diri dari layanannya ke Snapchat dan Instagram.

FB.GG sendiri masih “meminjam” desain Facebook, yakni tampilan biru dan putih. Hal ini juga diyakini sebagai langkah untuk menyaingi layanan streaming video game populer yang sudah ada, seperti Amazon Twitch dan YouTube Gaming.

Dari hasil penelitian menunjukkan bahwa gamer menghabiskan lebih dari tiga jam dalam seminggu untuk menonton orang lain bermain, jadi FB.GG tampaknya cukup masuk akal sebagai sebuah ide yang brilian.

Nama ‘GG’ mengacu pada singkatan dari kata “Good Game”, yang populer di kalangan para gamer. Biasanya kalimat ini diucapkan di akhir pertandingan multiplayer. Saat ini, video game yang paling top-streamed dan paling banyak ditonton di FB.GG adalah Fortnite.

Baca juga: Facebook Punya Game Streaming Pesaing Twitch

Fortnite adalah game survival bergenre “battle royale” yang sukses besar dan telah merebut pasar gamer dunia termasuk anak muda di Inggris. Hingga saat ini ada lebih dari 3.000 live streaming Fortnite dan telah ditonton lebih dari 238.000 tampilan.

Faktanya, empat dari lima game Facebook teratas yang di-live streaming adalah game bergenre “battle royale” seperti Fortnite. Genre ini melibatkan pemain ke multiplayer map dan membiarkan mereka bertarung sengit hingga hingga pemenang terakhir berdiri.

Untuk saat ini, Twitch.tv milik Amazon mungkin adalah situs streaming game yang paling populer. Tahun lalu, gamer menyaksikan 355 miliar menit permainan dari lebih dari 2 juta penyiar di Twitch.

Situs ini menarik lebih dari 15 juta pengunjung setiap hari, dengan lebih dari satu juta pemirsa menonton bersama-sama turnamen Counter-Strike: Global Offensive Major Grand Final

Penonton yang menyaksikan video game didominasi oleh orang dewasa muda dan remaja. Facebook mencari cara untuk memanfaatkan pasar yang besar ini dengan meluncurkan FB.GG

Jelas itu adalah pasar yang ingin diambil oleh Facebook, karena saat ini pasar jejaring sosial sedang berjuang untuk mempertahankan pengguna termuda.

Untuk diketahui, pada bulan Februari 2018, Facebook telah kehilangan 700.000 penguna berusia 12 hingga 24 tahun bila dibandingkan pada tahun 2017.

Baca juga: Remaja Pilih Instagram dan Snapchat Ketimbang Facebook

Hasil survei terbaru dari Pew Research menunjukkan bahwa 51 persen anak usia 13 hingga 17 tahun di AS menggunakan Facebook, sangat jauh bila dibandingkan pada tahun 2015, yang mencapai angka 71 persen. [BA/HBS]

Sumber: The Sun

2 KOMENTAR

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

RELATED ARTICLES

- Advertisement -spot_img

Latest Articles

- Advertisement -

Your compare list

Compare
REMOVE ALL
COMPARE
0