Telset.id, Jakarta – Jika kita berbicara mengenai sosial media di dunia, pasti kita akan berkutat di beberapa nama populer, seperti Facebook, Twitter, Instagram, dan lainnya. Untuk menjadi sosial media yang besar tidaklah mudah, karena berkaitan dengan pertumbuhan pengguna internet. Dan Facebook hingga kini masih kokoh jadi penguasa social media.
Menurut laporan yang dikeluarkan sebuah lembaga riset We Are Social, pertumbuhan pengguna internet terus meningkat setiap tahunnya. Bayangkan saja, pada April 2017, jumlah pengguna internat di seluruh dunia sudah mencapai 3,8 miliar pengguna.
Jika kita membandingkannya dengan jumlah pengguna pada Januari 2016 silam, jumlah ini meningkat 392 juta pengguna. Sebuah jumlah yang sangat fantastis.
Jika dibandingkan dengan penduduk dunia pada saat ini yang menyentuh angka 7,49 miliar penduduk, penetrasi penggunaan internet sudah mencapai 51 persen. Ini berarti para non pengguna internet sudah menjadi minoritas pada saat ini.
Tentu saja meningkatnya pengguna internet ini akan mempengaruhi penggunaan sosial media, terutama Facebook. Dan terbukti saja pada periode yang sama, sosial media besutan Mark Zukerberg itu mampu menjadi sosial media paling sering digunakan di seluruh dunia, dengan jumlah pengguna aktif sebanyak 1,968 miliar pengguna aktif setiap bulannya.
Seperti grafik di atas, Facebook berhasil meninggalkan sosial media lainnya seperti Instagram dengan 600 ribu pengguna aktif setiap bulannya. Sedangkan sosial media yang digadang-gadang sebagai saingan Facebook, yakni Twitter harus mampu menarik minat 319 juta pengguna akif saja tiap bulannya.
Kesuksesan Facebook kali ini didasari oleh meningkatnya penggunaan internet di India. Hal ini dikarenakan dalam tiga bulan terakhir, tercatat sekitar 22 juta pengguna baru Facebook datang dari India.
Jika dihitung-hitung jumlah ini setara dengan 250 ribu pendaftar Facebook baru di India setiap harinya. Sungguh angka yang sangat mengagumkan.
Selain itu, hingga saat ini penggunaan Facebook terbesar datang dari pengguna mobile, seperti ponsel pintar, tablet, dan sejenisnya. Untuk jumlah pengguna aktif harian sendiri, 61 persen dari pengguna bulanan Facebook menyempatkan diri paling tidak satu kali dalam sehari mengunjungi laman Facebook.
Untuk pembagian gender sendiri, Facebook paling sering digunakan pria dengan presentasi 56 persen pengguna pria dan 44 persen pengguna wanita. [NC/HBS]