Pengguna Facebook Messenger & WhatsApp Bisa Chatting Lintas Aplikasi

Facebook Lintas Aplikasi

Telset.id, Jakarta – Facebook kabarnya tengah mengembangkan fitur pesan lintas aplikasi. Fitur ini nantinya memungkinkan pengguna Facebook Messenger untuk dapat berkomunikasi dengan pengguna WhatsApp.

DIkutip Telset.id dari Ubergizmo, Kamis (09/07/2020), fitur ini pertama kali diketahui oleh WABetaInfo. Dalam laporannya, situs tersebut menyatakan bahwa Facebook sedang mengembangkan fitur lintas aplikasi antara Messenger dengan WhatsApp.

“Mengikuti referensi yang tercantum dalam gambar ini, Facebook dapat memahami jika kontak WhatsApp diblokir, suara pemberitahuan push, detail obrolan tetapi bukan isinya, anggota grup tertentu, dan gambar profil kontak,” tulis WABetaInfo.

{Baca juga: 4 Langkah Facebook untuk Memperluas Akses Internet Indonesia}

Memang, tidak ada penyebutan soal fitur pesan lintas aplikasi secara eksplisit. Namun, situs WABetaInfo menunjukkan bahwa Facebook kemungkinan berencana untuk mewujudkannya dalam waktu dekat.

Facebook hingga saat ini belum memberikan keterangan. Tentu saja, apabila fitur ini benar-benar diwujudkan, maka akan sangat bagus. Fitur tersebut dapat mengurangi jumlah aplikasi yang dibutuhkan untuk berkomunikasi.

Akan tetapi, Facebook mungkin akan menemui tantangan tersendiri ketika mengembangkannya. Sebab, WhatsApp memiliki sistem enkripsi end-to-end. Itu berarti, WhatsApp sendiri pun tidak dapat melihat riwayat chat dari penggunanya.

{Baca juga: Facebook Uji Coba Dark Mode untuk Perangkat iOS}

Facebook sendiri memang terus mengembangkan berbagai fitur baru. Salah satunya, raksasa media sosial ini sedang menguji fitur Face ID dan Touch ID untuk aplikasi Messenger.

Tujuannya untuk memberi pengguna lebih banyak pilihan dan kontrol guna melindungi pesan pribadi.

“Ya, kami mulai menguji fitur yang memungkinkan pengguna untuk membuka kunci aplikasi Messenger menggunakan pengaturan perangkat secara biometrik,” kata seorang juru bicara Facebook.

{Baca juga: Facebook Uji Coba Face ID dan Touch ID untuk Messenger}

Selama pengujian, fitur Face ID dan Touch ID di Facebook Messenger hanya bisa dinikmati oleh segelintir pengguna. Jika uji coba berhasil, fitur itu bakal dirilis ke publik.

Bukan kali ini saja Facebook menawarkan langkah-langkah keamanan serupa di aplikasi buatannya. Tahun lalu, Facebook meluncurkan dukungan Face ID dan Touch ID untuk aplikasi pesan instan WhatsApp.

Baru-baru ini, Facebook juga menghadirkan fitur baru bernama Manage Activity, yang memungkinkan pengguna menyembunyikan postingan lawas, memalukan, dan tidak relevan di platform. (NM/MF)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here